Scroll to Top

Raijin, Superkomputer Tercepat di Australia Diperkenalkan

By Ditya / Published on Friday, 02 Aug 2013
Fujitsu Raijin
Fujitsu Raijin

Raijin, superkomputer tercepat di benua Australia telah diperkenalkan di Canberra. Raijin adalah superkomputer besutan Fujitsu yang telah diresmikan di Australian National University (ANU) yang berlokasi di ibukota Australia. Lalu, seperti apa spesifikasi superkomputer Raijin besutan Fujitsu ini? Simak artikel berikut ini.

Superkomputer buatan Fujitsu ini dinamai Raijin yang merupakan nama dewa guntur dan hujan di Jepang. Superkomputer Raijin ini dibuat dengan menghabiskan dana sebesar US $50 juta atau sekitar Rp 500 milyar dengan biaya operasional hingga $12 juta atau Rp 120 milyar per tahun. Raijin ini diperkirakan merupakan komputer tercepat ke-27 di dunia.

Raijin ini memiliki kinerja tinggi yang ditenagai oleh prosesor Intel Xeon generasi Sandy Bridge dengan kecepatan 2,6GHz dengan total 57.472 core. Raijin ini menggunakan interkoneksi yang disebut dengan Mellanox FDR yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 160TB dan ruang penyimpanan berkapasitas 10 Petabyte.

Fujitsu Raijin 2

Lindsay Botten, Professor yang berasal dari ANU, mengatakan komputer itu sendiri lebih besar dari ukuran rumah, dan akan mendorong para ilmuwan Australia untuk tinggal di Australia, daripada menuju luar negeri untuk melanjutkan karir mereka dengan menggunakan superkomputer Raijin.

“Jika setiap orang di muka bumi memiliki kalkulator meja dan mereka bekerja selama seminggu atau dua minggu, 12 jam sehari, mesin ini akan melakukan pekerjaan tersebut dalam 1 detik,” kata Lindsay Botten, Professor dari ANU, seperti yang dilansir dari VR-Zone (01/08/2013).

“Lompatan dalam daya komputasi akan memberikan peneliti kita wawasan dan solusi untuk masalah pada tingkat yang jauh lebih cepat dari sebelumnya. Superkomputer ini menunjukkan komitmen pemerintah untuk menyediakan infrastruktur kelas dunia yang kolaboratif untuk meningkatkan hasil penelitian,” kata Senator Kim Carr.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda