Scroll to Top

USB 3.1 SuperSpeed+ Diperkenalkan, Tawarkan Kecepatan Hingga 10Gbps

By Ditya / Published on Friday, 02 Aug 2013
USB 3.1 SuperSpeed+
USB 3.1 SuperSpeed+ 10Gbps

USB (Universal Serial Bus) 3.0 Promoter Group secara resmi telah memperkenalkan standar USB versi terbaru, yakni USB 3.1 SuperSpeed+ yang menawarkan kecepatan transfer hingga 10Gbps. Tak hanya itu, standar USB 3.1 SuperSpeed+ ini memiliki kemampuan backward compatibility atau kompatibel dengan standar USB sebelumnya, seperti USB 3.0 dan USB 2.0.

Standar USB 3.1 SuperSpeed+ ini mampu menghasilkan kecepatan hingga 10Gbps karena menggunakan poengkodean data yang lebih efisien, sehingga mampu menghasilkan kecepatan hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan standar USB 3.0 yang hanya 5Gbps.

Teknologi USB 3.1 SuperSpeed+ ini masih menggunakan konektor atau port yang sama dengan USB biasa, sehingga kompatibel dengan standar USB 3.0 atau USB 2.0. Kehadiran USB 3.1 SuperSpeed+ ini merupakan lompatan kinerja yang sangat signifikan dari standar USB yang paling populer saat ini.

Sampai saat ini harus di akui bahwa standar USB adalah standar yang paling populer yang digunakan untuk konektivitas antar periferal, seperti flashdisk, modem, hard disk portable, dan banyak lagi. Thunderbolt yang dikembangkan Intel untuk menyaingi standar USB 3.0 tampaknya harus mengakui bahwa standar USB memang lebih populer.

Thunderbolt memang datang dengan menawarkan kecepatan transfer yang amat tinggi, yakni 10Gbps dan akan mencapai 20Gbps melalui standar Thunderbolt 2.0. Namun, saat ini banyak produsen periferal yang telah nyaman dengan standar USB yang ada saat ini, sehingga kehadiran USB 3.0 dan USB 3.1 SuperSpeed+ ini terlihat lebih menarik.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (01/08/2013), produk dengan standar USB 3.1 SuperSpeed+ kabarnya baru akan muncul di pasaran pada tahun 2014 mendatang sekaligus menghadang laju Thunderbolt 2.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda