Scroll to Top

Rahasia Besar WhatsApp Messenger Terkuak

By Ibnu Azis / Published on Friday, 02 Aug 2013

Whatsapp

WhatsApp Messenger jadi solusi alternatif tatkala pengguna non BBM lintas platform ingin tetap terhubung dengan sesama. Kemampuan WhatsApp untuk beradaptasi di tiap OS jadi fitur unggulan mereka. Namun, situs Crackberry menulis jika aplikasi instant message ini miliki sebuah rahasia besar. Dan rahasia itu kini terkuak.

Tak terasa WhatsApp telah dua tahun mengisi kekosongan yang diisi oleh BBM di device lain. Namun apliaksi ini harus mawas diri. Sebab, Blackberry Messenger sebentar lagi bakal mendarat di iOS dan Android. Lantas mau dikemanakan WhatsApp?

Salah satu fitur krusial di aplikasi pesan instan adalah soal notifikasi status. Ini bukan sejenis pemberitahuan ada pesan baru yang masuk, namun notifikasi pesan yang telah terkirim dan terbaca. Pada BBM dan iMessage, keduanya miliki status tersebut dalam kode huruf D dan R.

Kode D menandakan jika pesan telah terkirim (delivered) dan kode R menandakan jika pesan telah dibaca (read) oleh si penerima. Nah di WhatsApp tidak gunakan kode dua huruf itu melainkan tanda centang (√) yang dituliskan dalam dua kode; satu centang dan dua centang.

Dua kode tersebut selama ini alami salah dipahami oleh pengguna. Mereka menganggap jika centang dua adalah pesan terkirim. Berikut penjelasan dari FAQ WhatsApp soal arti dari dua tanda centang tersebut.

  • Satu centang satu berarti pesan berhasil terkirim ke server.
  • Dua tanda centang berarti pesan berhasil dikirim ke penerima.

Ini berarti dua tanda centang bukan menunjukkan jika pesan telah dibaca oleh lawan chatting WhatsApp. Hanyalah pesan telah berhasil dikirim ke pengguna. Dan celakanya banyak pengguna yang salah akan persepsi ini. Apakah ini menunjukkan jika BBM masih yang terbaik? Mungkin asumsi itu ada benarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda