Scroll to Top

Google Play Ungguli Apple App Store untuk Jumlah Unduhan

By Ibnu Azis / Published on Friday, 02 Aug 2013

Apple vs Google

Google Play Store dan Apple App Store. Dua toko aplikasi, game, dan multimedia online ini terus bersaing manjakan pengguna masing-masing. Untuk soal jumlah unduhan, Apple kalah dari Google. Namun jika bicara soal pendapatan, Apple lebih unggul.

Data terbaru dari Annie Indeks App selama kuartal kedua tahun 2013 menunjukkan jika jumlah unduh aplikasi di Google Play sudah jauh melebihi aktivitas yang terjadi di Apple App Store. Namun soal revenue, Apple unggul 2,3 kali lebih besar dari Google.

Memang Annie Indeks App tidak berikan detail angka spesifik soal torehan dua ‘toko’ di atas. Namun yang jelas, pundi-pundi utama pemasukan keduanya yakni dari unduhan game. Kemudian disusul aplikasi musik  dan jejaring sosial.

Baik di Google Play Store dan Apple App Store, aplikasi jenis game di peringkat pertama sebagai konten yang paling laris. Sedangkan untuk wilayah unduhan, menariknya hampir dari seluruh pendapatan yang masuk berasal dari Jepang dan Amerika.

Sedangkan negera-negara pengunduh aplikasi paling masif di Google Play yakni AS, Korea, dan India. Sedangkan untuk Apple App Store yakni AS, China, serta Jepang.

Terkait dengan unduhan, Google beberapa waktu lalu mengatakan jika telah ada satu juta aplikasi di Google Play dan telah terjadi 50 miliar unduhan. Jangan lupa jika kini ada 70 juta aktivasi tablet yang diperkirakan hingga akhir tahun 2013. Untuk itulah tak heran bila angka jumlah unduhan aplikasi di Google Play bisa ungguli Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda