Scroll to Top

3 Malware Android Paling Ganas

By Ibnu Azis / Published on Friday, 02 Aug 2013

Android Malware

Salah satu ancaman siber mobile yang mengkhawatirkan adalah keberadaan malware. Biro keamanan Kindsight Security Labs merilis data sejumlah malware yang kerap menyerang perangkat Android di kuartal kedua tahun ini. Dan berikut tiga diantaranya.

1. ZeroAccess2

Tak hanya sekadar berbahaya, malware jenis ini turut mengundang malware lain untuk diunduh. Modus serangannya untuk penipuan iklan PPC (Pay Per Click). Infeksi malware jenis ini terdetesi di wilayah AS, Asia, serta Eropa. Pihak pengiklan adalah korban yang paling dirugikan dengan nilai jutaan dolar per harinya.

2. Alureon.DX

Malware ini pertama kali terdeteksi pada tahun 2006 dan terus ‘berkembang’ hingga hari ini. Modus yang dilakukan adalah untuk mencuri identitas pengguna Android. Data diri yang diambil yakni nama pengguna, kata sandi, informasi kartu kredit, dan lainnya. Selain itu malware ini mampu untuk menyembunyikan diri dari piranti anti virus dengan cara menulis ulang master boot record. Wilayah AS, Inggris, dan Belanda terdeteksi paling rawan akan malware ini.

3. Zeus/Zbot

Malware terakhir hampir sama dengan jenis Alureon.DX. Namun, Zeus/Zbot lebih condong menyerang aktivitas perbankan pengguna. Malware ini akan ‘menempel’ pada browser dan memindai segala aktivitas online perbankan pengguna. Sehingga, data-data terkait kartu kredit pengguna bisa dicuri. Terdeteksi tinggi di wilayah AS, China, dan Eropa.

Lantas bagaimana cara meminimalisisr ancaman malware di atas? Karena malware jenis tertentu bisa menyembuyikan diri, maka dari pihak penggunalah yang wajib berhati-hati dalam beraktivitas dengan smartphone Android-nya.

Misalkan saja tidak menklik tautan sembarangan atau hanya menginstal aplikasi dan game di lokasi resmi. Cara di atas adalah langkah wajib yang harus ditempuh. Sebab, Google Play pun pernah ditembus oleh malware berbahaya. Sehingga, dari pihak pengguna lah yang harus senantiasa waspada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda