Scroll to Top

PSSI Rancang Strategi Jangka Panjang Demi Timnas Indonesia

By Aditya / Published on Friday, 02 Aug 2013

Timnas Indonesia 2013

PSSI sedang merencanakan strategi jangka panjang sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas sepakbola nasional yang nantinya berdampak ke Timnas Indonesia. PSSI ingin agar Timnas Indonesia di tahun-tahun ke depan bisa menjelma menjadi tim yang kuat dengan dukungan penuh dari seluruh elemen sepakbola di tanah air.

“PSSI akan membuat strategy plan hingga 2015. Hal ini menyangkut perkembangan tim nasional, tingkat profensi, dan liga amatir,” ujar Joko Driyono, Sekjen PSSI, di Jakarta, belum lama ini.

Meskipun dualisme kepengurusan dan dualisme Timnas Indonesia telah berakhir, yang akan disusul dengan usainya dualisme kompetisi, namun prestasi sepakbola nasional belum juga membaik.

Sebagai barometernya tentu saja raihan yang dicapai oleh Timnas Indonesia. Sejak bersatu lagi, Timnas Indonesia justru belum pernah meraih kemenangan. Di bawah asuhan duet pelatih Rahmad Darmawan (RD) dan Jacksen F. Tiago, tim Garuda takluk dari Arab Saudi 1-2 di laga Pra Piala Asia 2015 pada bulan Maret 2013 silam.

Setelah Jacksen F. Tiago ditetapkan sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia senior, tim Merah-Putih masih miskin kemenangan. Berturut-turut, Sergio van Dijk dan kawan-kawan dipermak oleh deretan tim dari Eropa.

Melawan tim nasional Belanda, Timnas Indonesia dibekuk 0-3. Kemudian giliran Arsenal yang menghajar skuat Garuda dengan skor telak 0-7, disusul kekalahan 0-2 dari Liverpool, dan terakhi adalah Chelsea yang menggulung Timnas Indonesia gabungan dengan skor besar 1-8.

Oleh karena itu, PSSI bertekad akan berusaha memperbaiki kualitas sepakbola nasional yang tentu saja akan berimbas pada kekuatan Timnas Indonesia. Selain itu, PSSI juga akan membuat rencana mengenai kepengurusan.

“Kami sudah membicarakan tindak lanjut kongres di Surabaya. Sekjen juga akan membuat action plan hingga akhir tahun terkait keorganisasian,” pungkas Joko Driyono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda