Scroll to Top

Neymar Membuat Barcelona Sempurna

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Aug 2013

Neymar-Lionel Messi (3)

Neymar menjalani pertandingan kedua untuk Barcelona ketika klub barunya menggasak Santos 8-0 di Trofi Joan Gamper 2013. Penampilannya yang sensasional meski tidak mencetak gol, membuat Mundo Deportivo melabelinya sebagai bagian yang hilang, keping puzzle terakhir yang membuat Barca sempurna.

Harapan penggila sepakbola untuk menyaksikan duet Lionel Messi-Neymar akhirnya terjadi juga di Joan Gamper Trophy meski hanya sebentar. Namun yang paling penting, ketika pertandingan berakhir, siapa pun akan bernapas lega, dan mengakui harga 57 juta Euro yang diberikan ke Santos tidaklah terlalu mahal.

Ketika Barca ditahan oleh Lechia Gdansk 2-2 beberapa hari lalu, Neymar memang terlihat masih takut dan kaku di lapangan. Hal yang sama sempat pula terjadi ketika menghadapi mantan klubnya sendiri, Santos. Tapi, itu tak berlangsung lama. Dengan dukungan tepuk tangan di Camp Nou, bintang Brazil itu unjuk gigi.

Mulai dari umpat tumitnya, tekanan tajam ke sisi kanan pertahanan lawan, mau melayani dan mengalah kepada Lionel Messi, hingga akhirnya, sebuah umpan gemilang kepada Cesc Fabregas di menit 66. Ney menampilkan gaya khasnya: mengambil jeda sejenak, sebelum mengirim umpan terukur kepada kawan yang posisinya paling menguntungkan di kotak terlarang.

Neymar-Lionel Messi (2)

Sayang, sebuah gol gagal dipersembahkan setelah aksi individual Neymar hanya berujung pada tembakan yang membentur mistar. Namun, kehadiran Neymar adalah jawaban atas seorang penyerang khusus yang dibutuhkan Barca selama ini. Para penyerang murni telah bergantian datang ke klub Catalan. Mulai dari Samuel Eto’o. Zlatan Ibrahimovic, hingga David Villa.

Namun, semuanya tak berkembang ketika harus beroperasi melebar. Berbeda dengan Neymar yang tak kenal takut, punya dribble maut, bisa memberi tekanan, jago memberi assist, dan tinggal menunggu waktu saja gol terlahir darinya. Setidaknya, lawan kini tidak hanya gentar pada Barcelona karena Leo Messi seorang, karena sudah ada NJR11.

Selain itu, kehadiran Neymar di satu sisi telah membakar para pemain inti Barcelona yang lain. Tengoklah Alexis Sanchez yang dalam beberapa pertandingan pramusim semakin lincah dan trengginas. Juga, Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas yang dalam laga perdana pramusim mereka, tampil tak kalah mengilap. Sebuah masa depan yang besar bagi Barca tergambar berkat kehadiran seorang Neymar Junior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda