Miss World

Sebagai tuan rumah dari kontes kecantikan tingkat dunia, Miss World 2013, Indonesia benar-benar mempersiapkannya secara maksimal. Ajang yang akan berlangsung bulan September 2013 mendatang itu rencananya berlangsung di 3 propinsi.

3 propinsi yang mendapat kehormatan menjadi bagian dari acara tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Bali. Jawa Barat dikatakan akan menjadi lokasi malam final acara bergengsi itu dilaksanakan, tepatnya di Sentul International Convention Center, Bogor.

Biaya yang dikeluarkan jelas tidak sedikit. Dilansir oleh tabloidbintang, Adjie S. Soeratmadjie sebagai Head of Corporate Secretary RCTI mengatakan bahwa biaya yang digelontorkan mencapai Rp 120 Milyar.

Sebagai Official broadcaster sekaligus penyelenggara swasta pertama Miss World, RCTI memang tak main-main dalam menggelontorkan dana agar acara tersebut sukses.

“Kalau untuk hitung-hitungan bisnis enggak masuk, tapi sekarang yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara mengangkat Indonesia, supaya mereka tahu Indonesia,” ujar Adjie.

Negara lain penyelenggara Miss World sebelumnya biasanya dibiayai oleh anggaran pemerintah negara tersebut. Sedangkan dalam kasus Indonesia, baru pertama kalinya swasta menjadi pihak penyelenggara mandiri, dalam hal ini RCTI.

Ajang kecantikan ini nantinya akan diikuti oleh peserta dari 125 negara dari seluruh dunia, dan Indonesia akan diwakili oleh Vania Larissa sebagai pemenang Miss Indonesia 2012.

Yang unik, tak seperti penyelenggaraan Miss World di negara lain, di Indonesia nantinya tak akan ada sesi bikini yang biasanya menjadi kontroversi itu. Sebagai gantinya peserta akan mengenakan kain Bali yang unik untuk sesi kolam renang.