Scroll to Top

Profil Muhammad Firman Pemain Terbaik Gothia Cup 2013

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 03 Aug 2013

Muhammad Firman (14 tahun) mungkin sedikit kecewa saat tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang (Senin, 22/7/13), tidak ada orangtua yang menjemputnya.

Tidak seperti rekannya yang lain, tampak gembira saat orangtua mereka memeluk anaknya dengan luapan rasa bangga sebagai runner-up Piala Gothia 2013.

Namun sosok Muhammad Firman yang mampu membuat Indonesia sedikit bangga, karena prestasinya menjadi pemain terbaik Gothia Cup atau bisa dibilang sebagai Piala Dunianya anak usia 14 tahun.

Firman dan 17 pemain tim ASIOP Apacinti SKF Indonesia U-14 sebelumnya mengikuti turnamen sepak bola usia dini Piala Gothia 2013.

Kompetisi tahunan yang selalu digelar di Gothenburg itu, diikuti ratusan tim dari sejumlah negara mulai dari kategori U-10 sampai U-18 baik putra maupun putri.

Para pemain termasuk Firman, diseleksi dari kompetisi Liga Kompas Gramedia U-14 musim 2013 yang bergulir di Stadion Ciracas Jakarta Timur, hingga menghasilkan 18 pemain pilihan yang mewakili nama Indonesia.

Prestasi Firman dan kawan-kawan tergolong membanggakan. Mulai dari babak penyisihan grup, mereka menundukkan lawan-lawannya.

Tim yang dikalahkan anak-anak Indonesia ini antara lain US Chantily (Amerika Serikat) dengan skor 3-0, IF Brommapojkarna (Swedia) 3-0, dan Sandakerns Sorfors (Swedia) 7-0. Selanjutnya tim ASIOP SKF melibas dua tim Swedia Djugardens IF (11-0) dan Skiljebo SK (1-0).

Di babak perdelapan final (16 besar), ASIOP SKF mengalahkan BK Hacken 2 (Swedia) 2-0. Pada perempat final, Firman dan kawan-kawan mengalahkan Spanga IS FK (Swedia) 1-0.

Dilanjutkan dengan laga semifinal melawan Dallas Texans (AS) dengan skor tipis 1-0. Sampai babak final melawan NK KRSKO (Slovenia), ASIOP SKF masih tangguh karena mampu bermain seri 0-0.

Pemenang pun harus ditentukan melalui adu penalti. Di sinilah ASIOP SKF kurang beruntung, karena harus kalah 3-4.

Peringkat kedua di kategori U-14 putra yang diraih ASIOP SKF, menjadi lebih sempurna dengan terpilihnya Muhammad Firman sebagai pemain terbaik U-14 putra.

Ini berarti Firman menyingkirkan ratusan pemain kategori U-14 dari seluruh dunia. Berikut biodata Muhammad Firman yang mungkin saja kelak menjadi bintang Timnas Indonesia masa depan.

Nama: Muhammad Firman

Tempat/Tanggal Lahir: Semarang, 28 Januari 1999

Nama ayah: Suparmin

Nama ibu: Munsiroh

Sekolah

  • SD Trimulyo 2 Semarang
  • SMP 20 Semarang
  • SMP 185 Jakarta

Prestasi

  • Juara pertama turnamen Piala So Nice di Semarang, 2012
  • Juara pertama turnamen di Jombang, 2012
  • Juara kedua turnamen Pelita Jaya, 2012
  • Juara kedua Piala Gothia 2013 kategori U-14
  • Pemain Terbaik Piala Gothia 2013 kategori putra U-14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda