Scroll to Top

Real Madrid Bukanlah Sepakbola, Tapi Politik Kata Jose Mourinho

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 03 Aug 2013

Real Madrid Bukanlah Sepakbola, Tapi Politik Kata Jose Mourinho

Real Madrid terlalu dipenuhi politik, bukan sepakbola itu sendiri. Demikian yang disampaikan oleh Jose Mourinho. Pelatih Chelsea meyakini bahwa musim lalu, Los Blancos tidak tampil terlalu buruk. Tapi mengalahkan Barcelona tidaklah cukup bagi The Special One.

Berbicara kepada ESPN, Jose Mourinho menyebut, “Saya tahu Madrid adalah klub spesial. Madrid bukanlah sekadar klub. Madrid adalah politik. Madrid bukanlah tentang sepakbola atau olahraga, tetapi tentang banyak hal di sekelilingnya (yang justru didahulukan daripada sepakbola).”

Mantan pelatih Internazionale ini menunjuk apa yang terjadi musim lalu. Ketika, Los Blancos gagal di tiga ajang sekaligus. Kalah dari Barcelona di Liga Spanyol bahkan sejak Desember. Tersingkir dari Borussia Dortmund meski agregat begitu tipis. Dan disingkirkan Atletico Madrid, tim yang tak pernah menang dari mereka dalam14 tahun terakhir, di final Copa del Rey.

“Pada tahun kedua saya menjadi manajer (musim 2012-2013), kami menjuarai Liga Spanyol. Menjadi tim terbaik dalam sejarah Liga Spanyol. Memperoleh 100 poin, mencetak 121 gol. Lalu, tahun ketiga adalah tahun mendekati pemilihan presiden. Pemilihan tersebut bermakna terlalu banyak bagi klub. Dan kami berada di tengah-tengah sekian hal yang tidak normal. Hanya orang dalam yang mengetahui apa yang terjadi,” sebut Mourinho.

Meskipun musim lalu suram bagi Mou dan Madrid dari segi permasalahan internal, ia sendiri tak menganggap prestasinya buruk.

“Musim lalu tidak seburuk yang dibayangkan. Kami mencapai final Copa del Rey. Tentu saja kami kalah, tapi kami sampai ke partai puncak (dengan mengalahkan Barcelona). Kami sampai di semifinal Liga Champions. Hanya satu gol yang menyebabkan gagal ke final. Tapi, mengakhiri musim tanpa trofi, hanya mengalahkan Barcelona di Supercopa de Espana, tak cukup bagi saya,” tutup Mourinho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda