Scroll to Top

Barcelona Kunjungi Israel dan Palestina Demi Perdamaian

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 04 Aug 2013

Barca (1)

Barcelona berkunjung ke Israel dan Palestina dalam ‘Peace Tour’. Lionel Messi cs. tidak hanya datang ke Gereja Kelahiran Yesus, tetapi juga bertemu dengan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas.

Menurut wakil presiden klub Catalan bidang ekonomi, Javier Faus, kunjungan ini memiliki dua alasan. “Pertama, untuk menunjukkan niatan kami membawa perdamaian. Memperlihatkan bahwa olahraga dan anak-anak dapat digunakan untuk membangun jembatan antara dua pihak (Israel dan Palestina). Yang kedua adalah mempromosikan nama klub, baik untuk dunia Arab —yang dari tahun ke tahun menjadi pasar penting bagi kami– dan juga bagi komunitas Yahudi.”

Dalam beberapa foto yang ditampilkan situs resmi Barcelona, tampak Lionel Messi cs. berkunjung ke Gereja Kelahiran atau Gereja Nativitas, yang dipercaya menjadi tempat kelahiran Yesus. Kemudian, mereka juga disambut Mahmud Abbas ketika tiba di Palestina. Di negara ini, pasukan Catalan diperlakukan bak tamu negara.

Jibril Rjoub, ketua FA Palestina, menyebutkan bahwa kehadiran Barca merupakan momen historis bagi Palestina, “Kami sangat menghormati kunjungan yang dilakukan Barcelona. Ini adalah satu langkah besar untuk menyambut keinginan kami tentang perdamaian.”

Antusiasme penduduk lokal terhadap juara Liga Spanyol ini tampak dalam sesi klinik sepakbola di Betlehem dan Dura. Lebih dari 20.000 penonton datang menyaksikan para punggawa Barca berbagi tips mengolah si kulit bundar kepada anak-anak.

Presiden klub, Sandro Rosell, tak lupa mengucapkan terima kasih kepada rakyat Palestina. Dalam situs resmi klub Catalan ia menyebutkan, “Barca akan melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk memberikan setitik bantuan demi mengakhiri konflik dan mencapai perdamaian.”

Barca

Barcelona 2

Barcelona 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda