Scroll to Top

Etika Mudik Menggunakan Pesawat Terbang

By C Novita / Published on Sunday, 04 Aug 2013

pesawat

Musim mudik seperti saat ini, hampir segala moda transportasi akan penuh sesak oleh penumpang. Demikian juga pesawat terbang, alat transportasi yang memudahkan penumpangnya untuk mencapai lokasi tujuan lebih cepat.

Namun, untuk diingat bahwa ada aturan atau etika tersendiri yang harus diperhatikan bila Anda menggunakan transportasi pesawat terbang. Tidak boleh seenaknya seperti bila menggunakan transportasi darat atau laut.

Berikut adalah etika yang harus dipatuhi saat naik pesawat, agar tak terjadi hal-hal yang fatal bagi keselamatan seluruh penumpang:

  • Ponsel harus mati

Ponsel atau gadget lain seperti iPad, laptop dan tablet yang memiliki sinyal telekomunikasi sehingga dapat mengganggu sistem navigasi pada pesawat, baiknya Anda matikan sebelum penerbangan dimulai. Keselamatan banyak orang lebih penting dibanding kesenangan Anda memainkan gadget.

  • Hindari berisik

Walau berbincang tak dilarang dalam pesawat, namun sebaiknya Anda tak mengganggu penumpang lain dengan banyak ngobrol, atau berteriak-teriak tak karuan.

  • Mendengarkan instruksi pramugari

Ada beberapa prosedur keselamatan yang harus diterangkan oleh pramugari, jadi perhatikan dengan baik. Anda tak akan tahu kapan prosedur keselamatan itu bisa berguna. Demikian pula bila instruksi memasang sabuk pengaman diberikan, taati sebab itu baik untuk keselamatan penumpang.

  • Perhatikan kenyamanan anak

Bila bepergian mengajak putra-putri yang masih kecil, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mereka tak rewel dan mengganggu penumpang lain. Beri kenyamanan semisal makanan kecil dan selimut yang membuat mereka hangat dan kenyang, agar perjalanan Anda pun tak terganggu.

Selamat mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda