Prediksi Hari Raya Idul Fitri 2013: Kapan Lebaran 1 Syawal 1434H?

Prediksi Hari Raya Idul Fitri 2013: Kapan Lebaran 1 Syawal 1434H?

Lapan mengeluarkan prediksi hari raya Idul Fitri 2013 akan jatuh serentak pada Kamis, 8 Agustus 2013 mendatang. Artinya, Anda yang sempat bingung kapan lebaran 1 Syawal 1434 Hijriyah dapat merayakannya dengan seluruh keluarga besar, tanpa perbedaan, baik NU maupun Muhammadiyah.

Prediksi Lapan tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Thomas Djamaluddin yang merupakan Deputi Bidang Sains, Pengkajian Informasi, dan Kedirgantaraan badan tersebut seperti dikutip oleh Antara, “Idul Fitri kemungkinan sama. Karena pada saat itu hilal positif terlihat di seluruh wilayah Indonesia dengan ketinggiannya hampir mencapai 3,4 derajat.”

Sedikit kendala adalah, tentang rukyatul hilal yang akan diselenggarakan pada Rabu, 7 Agustus 2013. LAPAN mengisyaratkan, dengan cuaca yang keadannya seperti ini, metode rukyat akan mengalami hambatan.

“Dengan cuaca seperti saat ini, rukyat akan mengalami hambatan. Kalau tidak terlihat, maka akan diputuskan melalui sidang isbat,” kata Thomas Djamaluddin.

Hal senada juga diungkapkan oleh Said Aqil Siradj, Ketua Umum PB NU. Meskipun belum bisa menetapkan kapan 1 Syawal, bergantung pada sidang isbat, tapi kemungkinan besar Idul Fitri akan dirayakan bersama-sama.

“Kalau berbarengan (dengan Muhammadiyah) kemungkinan ada, tapi kita belum bisa memastikan,” kata Said seperti dikutip oleh detik.

Muhammadiyah sendiri , melalui ketua umum mereka, Din Syamsuddin telah menetapkan bahwa lebaran akan jatuh pada Kamis, 8 Agustus. Lalu, apakah ada kemungkinan pada tahun-tahun mendatang permulaan puasa dan perayaan lebaran masih berbeda? Tentang hal ini, Thomas Djamaluddin menyebutkan penyatuan kriteria penetapan tanggal 1 bulan dalam kalender Hijriyah tinggal sedikit lagi.

“Tinggal selangkah lagi, hanya menyamakan batas kriteria yang bisa diterima oleh ormas-ormas Islam,” sebutnya.

Komentar Anda

Leave A Response