Scroll to Top

Memonitor Aktivitas Kesehatan Mulut dengan Gigi Bluetooth

By Ibnu Azis / Published on Monday, 05 Aug 2013

Gigi Bluetooth

Teknologi nirkabel Bluetooth ternyata bisa dimanfaatkan untuk kesehatan gigi. Buktinya, ilmuwan asal Universitas Nasional Taiwan sedang kembangkan sebuah teknologi Gigi Bluetooth. Dengan teknologi tersebut maka aktivitas kesehatan mulut seseorang bisa dimonitor.

Teknologi tersebut nantinya akan serupa dengan perangkat gigi palsu. Nantinya sebuah chip akan ditanamkan di gigi tersebut sebagai alat untuk mengirimkan sensor dan informasi terkait aktivitas oral mulut si pemakai.

Dengan demikian teknologi ini akan lebih kerap mengirim informasi ketimbang menerima transmisi. Informasi yang ada berupa kesehatan mulut pasien dan aktivitas oral mereka yang nantinya bakal diterima oleh dokter yang menangani.

Seperti ditulis Gizmag, perangkat gigi palsu Bluetooth ini juga akan mencatat segala hal yang dilakukan mulut tak hanya sekadar aktivitas kesehatannya saja. Dokter bisa mengetahui kebiasaan pasien dan nantinya bisa mendiagnosa apa gangguan medis yang dialami mereka.

Gigi Bluetooth 2

Lantas aktivitas apa saja yang dapat terekam dengan teknologi Gigi Bluetooth ini? Rata-rata adalah aktivitas umum. Seperti seberapa besar pasien makan dan minum. Untuk memonitor kebiasaan tak sehat juga bisa. Misalnya seberapa intens pasien merokok.

Kebiasaan lain yang bisa diteliti yakni soal mengunyah permen karet dan batuk. Sedangkan tingkat kesuksesan alat ini untuk mengidentifikasi capai 93,8%. Nantinya dokter akan menerima segala laporan tersebut via smartphone mereka. Canggih bukan?   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda