Scroll to Top

Rahasia Ngeri di Balik Sesendok Gula

By C Novita / Published on Wednesday, 07 Aug 2013

efek konsumsi gula

Gula merupakan bumbu pemanis yang dapat membuat berbagai jenis minuman dan penganan menjadi lebih nikmat disantap. Sayangnya, ada fakta-fakta merugikan yang diakibatkan oleh gula dan tak diketahui oleh banyak orang.

Apa saja rahasia mengerikan yang ada di balik sesendok gula yang Anda konsumsi? Berikut ini di antaranya seperti dilansir oleh Huffington Post:

  • Menyebabkan penyakit jantung

Sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of American Heart Association 2013 menemukan molekul dari gula atau sari patinya bernama glukosa metabolit glukosa 6-fosfat (G6P) yang ternyata membuat perubahan pada protein jantung. Perubahan protein itu bila terjadi dalam waktu lama akan menimbulkan gagal jantung.

  • Melemahkan otak

Konsumsi gula yang berlebihan diyakini memiliki hubungan dengan peristiwa penuaan sel yang menyebabkan terjadinya penuaan dini (keriput). Pada beberapa kasus, penyakit kronis pun terjadi karena konsumsi gula yang berlebih. Penuaan sel itu tak hanya melanda sel kulit, namun termasuk juga sel otak. Akibatnya, memori dan kesehatan kognitif manusia menjadi berkurang dan otak melemah.

  • Obesitas

Konsumsi gula yang berbentuk fruktosa dapat membuat tubuh mengalami resistensi leptin. Padahal leptin berfungsi sebagai penanda bahwa Anda sudah cukup kenyang dan asupan makanannya telah memadai. Bila tubuh resisten terhadap leptin, maka Anda cenderung makan terus dan ini berakibat pada obesitas.

  • Efek merusak hati, seperti alkohol

Penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Journal Nature menemukan bahwa fruktosa dan glukosa punya efek toksik pada hati atau meracuni hati. Itu akibat metabolisme etanol yang terjadi di organ tubuh tersebut, mirip dengan yang terjadi saat mengonsumsi alkohol.

Nah, fakta mengerikan tersebut ada baiknya membuat Anda pertimbangkan kembali keinginan mengonsumsi gula berlebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda