Scroll to Top

WeWi SOL, Laptop Ubuntu Bertenaga Surya

By Ditya / Published on Wednesday, 07 Aug 2013
WeWi SOL
WeWi SOL

Sebuah perusahaan asal Kanada WeWi, memperkenalkan sebuah produk revolusioner, yakni laptop bertenaga surya yang menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux melalui seri WeWi SOL. Pengguna tak perlu menenteng charger jika membawa laptop WeWi SOL. Namun, mungkin hal ini tidak berlaku ketika malam hari.

Menurut keterangan resmi perusahaan tersebut, WeWi SOL dilengkapi baterai yang mampu bertahan hingga 8 – 10 jam penggunaan dan pengguna dapat mengisi ulang baterai laptop WeWi SOL ini hingga penuh dengan menjemur panel surya yang diusungnyaselama 2 jam, sebuah waktu yang cukup singkat.

Selain isi ulang baterai dengan tenaga surya, apa yang ditawarkan oleh laptop WeWi SOL ini? WeWi SOL ini datang dengan layar berukuran 13,3 inci dengan resolusi layar 1366 x 768 piksel. Secara umum, desain laptop WeWi SOL ini memang sedikit berbeda dari laptop kebanyakan.

WeWi SOL back

Sektor dapur pacu, laptop bertenaga surya WeWi SOL ini mengandalkan otak dari Intel Atom D2500 dual-core dengan kecepatan 1,86GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB dan didukung oleh pengolah grafis dari Intel GMA 3600. Laptop WeWi SOL ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan berupa hard disk berkapasitas 320GB.

Penggunaan prosesor Intel Atom ini cukup tepat mengingat jajaran prosesor ini terkenal dengan konsumsi dayanya yang kecil. Intel Atom D2500 yang digunakan oleh WeWi SOL ini menggunakan TDP 10W saja. Namun, performa Intel Atom ini tentu saja tidak terlalu powerfull.

Laptop WeWi SOL ini datang dengan speaker stereo, 3 port USB 2.0, HDMI out, card reader, port Ethernet, GPS, WiFi, Bluetooth, dan modem 3G/4G. Seperti yang dilansir dari Liliputing (06/08/2013), laptop WeWi SOL bertenaga matahari ini dijual dengan harga US $300-$350 tergantung wilayah, atau sekitar Rp 3 jutaan lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda