Scroll to Top

Hari Raya Idul Fitri 2013 Jatuh Pada Kamis, 8 Agustus: Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 1434 H

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 07 Aug 2013

Hari Raya Idul Fitri 2013 Pada Kamis, 8 Agustus Hasil Sidang Isbat 1 Syawal 1434 H

Hari Raya Idul Fitri 2013 jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013. Demikian hasil sidang isbat 1 Syawal 1434 Hijriyah. Seperti prediksi sebelumnya, umat Islam di seluruh Indonesia akan merayakan Lebaran bersamaan pada esok hari.

Sidang isbat untuk menetapkan hari pertama bulan Syawal tahun ini, digelar sejak pukul 18.30 WIB dengan dipimpin oleh Menteri Agama, Suryadharma Ali. Hampir semua organisasi Islam di Indonesia menghadiri sidang tersebut, di antaranya NU, LDII, dan Persis. Total, dilaporkan oleh Detik, ada 34 ormas Islam yang mengikuti sidang tersebut.

Dalam pemaparannya, Kementerian Agama menyatakan ijtima’ telah terjadi pada Rabu, 7 Agustus 2013 atau 29 Ramadhan 1434 Hijriyah. Posisi hilal adalah 2 hingga 3,8 derajat. Sebelumnya, sudah diadakan Sarasehan Mencari Titik Temu Awal Syawal 1434 Hijriyah pada siang hari. Sarasehan tersebut memunculkan berbgaai ide yang pada intinya berupaya menyeragamkan penetapan kalender Hijriyah.

Uniknya, Menag Suryadharma Ali sempat menerima pertanyaan wakil Persis, dan menyatakan bahwa isu biaya sidang mencapai 9 miliar hanyalah gosip belaka. Menteri Agama juga membantah jika telah ada skenario dalam penetapan sidang isbat, dengan menyebut keputusan sidang tersebut adalah keputusan bersama ormas Islam yang datang dalam acara tadi.

Sebelumnya, Muhammadiyah telah menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri 1434 Hijriyah tahun ini, jatuh pada hari Kamis, (8/8). Dituturkan Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah kepada Kompas, penetapan tersebut terjadi karena “sehari sebelumnya telah terjadi pertemuan antara Matahari, Bulan, dan Bumi pada suatu garis lurus. Hal itu diartikan bulan lama telah berakhir dan berganti masuk bulan yang baru.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda