Scroll to Top

Premier League Inggris Musim Depan Resmi Gunakan Goal-Line Technology

By Wan Faizal / Published on Friday, 09 Aug 2013

Goal-Line Technology

Protes berlebihan terkait insiden bola yang sudah melewati garis gawang atau belum sepertinya tak akan terjadi lagi musim depan di Liga Inggris. Itu setelah Premier League secara resmi akan memakai Goal-Line Technology untuk mengetahui secara pasti mengenai posisi bola ketika melewati garis gawang.

Bertempat di kandang Arsenal, Stadion Emirates, wasit Anthony Taylor menjelaskan mengenai cara kerja dari teknologi tersebut.

“Saya ragu akan ada orang yang menentang sebuah sistem yang memberikan bukti bahwa bola jelas telah melewati garis gawang. Kebanyakan dari orang yang terlibat dalam sepakbola memang menginginkan teknologi ini,” jelas Taylor.

Taylor menceritakan kecanggihan teknologi tersebut dalam demonstrasi di Emirates. Ketika ia membawa bola dan menaruhnya melewati garis gawang, jam tangan khusus yang ia gunakan bergetar dan menunjukkan tulisan “Goal” pada layarnya.

Taylor-Szczesny

Berbeda ketika bola belum sepenuhnya melewati garis gawang. Tak akan ada reaksi yang diberikan oleh teknologi tersebut yang menandakan belum tercipta sebuah gol.

“Sistemnya sangat luar biasa. Ada tujuh kamera yang terletak di tribun penonton dan lurus dengan gawang. Ketika bola melewati garis, maka sebuah mesin di pergelangan tangan saya ini akan berkata bahwa telah terjadi gol.”

“Ini adalah transmisi otomatis dari kamera. Tidak menggunakan wi-fi atau bluetooth yang jelas akan terpengaruh ketika 70.000 penonton di stadion membawa ponsel mereka.”

Well, menarik untuk dinanti bagaimana peranan “pemain baru” tersebut di musim baru nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda