Scroll to Top

Dukungan Berlebihan Kepada Pasangan Tidak Selalu Baik

By Ilham Choirul / Published on Monday, 12 Aug 2013

support

Dukungan terhadap pasangan tidak selama menjadi hal yang baik. Dukungan ini justru membuat pasangan bisa menjadi “jatuh” dan mengalami masalah dari tujuan yang sebelumnya dirancang. Masalah akan muncul apabila pasangan mendapatkan dukungan secara penuh tanpa melibatkan proses kritik maupun pemberian saran.

Dikutip Times of India, dukungan tanpa syarat tersebut membuat seseorang buruk tatkala sesuatu yang salah yang dilakukannya tetap berlangsung karena tidak ada pengawasan. Dukungan sebaiknya tetap melibatkan proses kontrol agar pasangan tetap berada pada tujuan yang hendak dicapai dari awal.

Senada dengan pernyataan tersebut, studi yang dilakukan Universitas Iowa di AS membuktikannya. Dalam studinya didapatkan kesimpulan, memberikan dukungan yang berlebihan sebenarnya dapat menimbulkan kondisi yang jauh lebih berbahaya terhadap hubungan pernikahan Anda.

Mungkin terdengar aneh memberikan dukungan penuh menjadi sesuatu yang buruk. Namun, dukungan secara penuh membuat keterlibatan pasangan menjadi berkurang karena dia diberikan kepercayaan seutuhnya. Bahkan, menurut pakar hubungan Seema Hinggorrany, dukungan berlebihan membuat pasangan terhambat identitasnya dalam jangka panjang.

“Sebagai contoh, Anda mungkin berada di sana untuk pasangan Anda pada saat dibutuhkan, tetapi pasangan Anda dapat menganggap sebaliknya dan berpikir Anda hanya bersimpati dengan dia. Jadi, yang terbaik adalah membiarkan pasangan Anda saat menyelesaikan masalah mereka sendiri,” kata Hinggorrany, seperti dikutip Times of India.

Oleh karena itu, memberikan dukungan sebaiknya masih dalam tahap yang wajar. Apabila diperlukan, Anda pun bisa turut masuk memberikan pendapat-pendapat Anda agar pasangan lebih berorientasi dengan tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda