Scroll to Top

Landasan Pacu Bandara Ini Dilewati Kereta Api Setiap Hari

By Ilham Choirul / Published on Monday, 12 Aug 2013

gisborne-airport1

Rel kereta api aktif yang melintas bebas di perkotaan mungkin hanya ada di Kota Solo untuk wilayah Indonesia. Namun, kalau ada rel kereta masih aktif dan melintasi landasan udara barangkali hanya ada di Selandia Baru. Tepatnya di Bandara Gisborne yang berlokasi di pinggiran barat Gisborne, terdapat sebuah lintasan rel kereta api yang melintang di sebuah landasan pacu dari tiga landasan yang ada.

Fungsi rel ini masih aktif untuk lalu lintas kereta api. Biasanya rel tersebut dilintasi mulai pukul 6.30 pagi sampai 8.30 malam. Seringkali apabila kedua kendaraan, pesawat atau kereta api, akan melintas bersamaan maka salah satunya mesti mengalah untuk memberikan jalan. Bagi otoritas bandara, hal ini menjadi tantangan tersendiri karena mereka mesti mampu mengatur jadwal kedatangan dan keberangkatan yang pesawatnya akan dilewatkan pada landasan pacu tersebut.

gisborne-airport2

Bandara Gisborne termasuk bandara kecil yang cukup padat. Bandara ini menjadi host lebih dari 60 penerbangan domestik. Jumlah penumpang yang diantarkan melalui bandara ini tercatat mencapai 150 ribu penumpang setiap tahunnya.

Bandara Gisborne memiliki luas sekitar 160 hektar. Ada tiga landasan pacu yang disediakan. Rel kereta api yang melintas pada salah satu landasan membentang dari Palmerston Noth ke Gisborne. Sebenarnya di Selandia Baru masih ada bandara yang dilewati oleh rel kereta api yaitu Bndara Wynyard. Namun operasional kereta api ditutup pada 2005 karena menurunnya lalu lintas kereta yang melewati jalur tersebut.

gisborne-airport3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda