Share

Chatting

Gelar republik media sosial pernah disematkan ke negeri ini. Kini, mungkin julukan republik chatting bisa pula dialamatkan. Sebab, orang Indonesia ternyata sangat menggemari ngobrol online. Setidaknya ini menurut hasil studi dari Nielsen.

Sebuah survei yang bertajuk Smartphone Consumer Insight dilakukan pada masyarakat Indonesia pada bulan Mei 2013 lalu. Dari studi tersebut, orang Indonesia rata-rata gunakan ponsel pintarnya selama 189 menit per hari.

Namun bukan itu yang jadi objek utamanya. Sebab, dari 189 menit itu, 94% diantaranya digunakan untuk aktivitas chatting. Menyusul kemudian yakni browsing, berjejaring sosial, dan berkirim email.

Kemudian, waktu paling masif penggunaan smartphone adalah pada jam 10 pagi hingga 2 siang. Pada jam-jam tersebut orang Indonesia kerap lakukan aktivitas chatting dan browsing.

Jika memang orang Indonesia sangat suka ngobrol online, lantas aplikasi apa yang digunakan? Ternyata yang jadi numero uno bukan BBM. Adalah WhatsApp memimpin di posisi pertama dengan 58%.

Menyusul kemudian berturut-turut ada Blackberry Messenger, LINE, Kakao Talk, WeChat, Hangout, Yahoo! Messenger, Facebook Messenger, Skype, dan ChatOn. Sedangkan aktivitas browsing dikuasai oleh Google dengan 64%. Menyusul kemudian ada Facebook, Blogger, Youtube, dan Twitter.

Dikutip dari Detik, menurut badan riset Frost & Sullivan, pasar smartphone tanah air miliki pertumbuhan rata-rata 68,3% tiap tahunnya. Angka ini sejak tahun 2010 hingga 2013.

Untuk urusan jumlah pengguna aplikasi chatting, BBM mampu menggondol 15 juta pengguna Indonesia. Sedangkan WhatsApp yang miliki total 250 juta pengguna, Indonesia masuk ke lima besar sebagai negara dengan jumlah pengguna terbanyak.