Scroll to Top

Menelepon Sambil Mengemudi Berbahaya? Hasil Studi Ini Berkata Tidak

By Ibnu Azis / Published on Monday, 12 Aug 2013

Nyetir Nelpon

Menelepon sambil mengemudi. Aktivitas ini memang salah. Tak hanya berbahaya bagi yang melakukannya, namun juga orang-orang sekeliling. Imbas dari kebiasaan buruk ini akan meningkatkan resiko kecelakaan. Namun menurut studi terbaru, menelepon sambil mengemudi tidak berbahaya. Kok bisa?

Tentu saja temuan mereka mengejutkan banyak pihak. Berbicara dengan ponsel saat berkendara sejak dulu memang di-judge sangat beresiko tinggi. Pengemudi tak bakal bisa fokus akan kendali jalan dan berkonsentrasi tatkala mengemudi.

Akan tetapi, apa yang dilakukan dalam studi Carnegie Mellon University (CMU) dan London School of Economics and Political Science ini hanya sebatas menelepon. Bukan SMS dan bukan pula aktivitas browsing. Hanya sekadar menelepon saat mengemudi.

Proses penelitiaanya, mereka kumpulkan pelbagai data dari operator seluler serta laporan kepolisian. Data ini menyangkut jumlah panggilan yang dilakukan dan jumlah angka kecelakaan yang terjadi. Keduanya kemudian dianalisis pada periode waktu yang bersamaan.

Dan hasilnya, mereka menyimpulkan tak menemukan hubungan antara dua objek di atas. Tak ada korelasi antara jumlah panggilan telepon dengan jumlah angka kecelakaan. Temuan ini berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan New England Journal of Medicine di tahun 1997. Kala itu studi yang dilakukan mendapati jika resiko kecelakaan akibat menelepon sama dengan akibat mabuk.

Saurabh Bhargava, salah seorang peneliti mengatakan jika menelepon hanya mengganggu konsentrasi (mengemudi). Resiko kecelakaan, ujarnya pada Daily Mail, angkanya meningkat bukan karena menelepon. Ia yakin jika temuannya cukup akurat sebab berdasarkan statistik. Sedangkan data yang dikumpulkan yakni antara tahun 2002 hingga 2005.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda