Scroll to Top

Tidak Banyak Pengemudi yang Paham Simbol di Dashboard

By Ilham Choirul / Published on Monday, 12 Aug 2013

dashboard

Ternyata tidak semua pemilik mobil sudah menguasai berbagai simbol yang ada di dashboard. Sebagian besar justru tidak paham dengan simbol peringatan itu. Hal ini terungkap dalam sebuah laporan yang dirilis Britannia Rescue. Hanya ada sekitar 52 persen saja pengemudi yang memahami simbol-simbol itu. Demikian sikutip dari Antara.

Menempati urutan pertama, simbol yang kerap disalahpahami adalah simbol masalah di konventer katalis. Ada sekitar 95 persen responden yang tidak memahami maksudnya. Kedua ditempati simbol peringatan masalah pendingin udara. Ada sekitar 86 persen responden yang salah memahaminya.

Selanjutnya, 71 persen resonden mengaku tidak memahami simbol peringatan tekanan ban. Sekitar setengah responden bahkan tidak tahu-menahu soal simbol peringatan rem bermasalah. Lainnya, 35 persen tidak paham simbol masalah kantong udara dan 27 persen mengaku memahami simbol tersebut sebagai saran untuk segera memakai sabuk pengaman.

“Masalah ini diperparah dengan banyaknya simbol peringatan yang dibuat hanya untuk merek tertentu,” kata juru bicara Britannia Rescue.

Studi ini dilakukan terhadap 2.018 responden. Mereka diberikan 99 simbol peringatan yang ada di dashboard dari 15 jenis kendaraan. Dari berbagai simbol, rata-rata responden hanya memahami 12 simbol peringatan. Padahal, dengan semakin canggihnya teknologi pada kendaraan, maka berbagai simbol ini tidak akan lepas untuk ditambahkan sebagai bagian dari fitur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda