Scroll to Top

Kim Dotcom Siapkan Layanan Email Terenkripsi

By Ditya / Published on Tuesday, 13 Aug 2013
Kim Dotcom
Kim Dotcom

Tumbangnya layanan email terenkripsi yang digunakan oleh Edward Snowden, Lavabit, ini ternyata mendapat perhatian dari Kim Dotcom, sang pendiri layanan file-sharing Mega. Kim Dotcom mengatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan layanan email terenkripsi atau encrypted email service.

Kim Dotcom tampaknya turut prihatin dengan tumbangnya layanan email terenkripsi Lavabit dengan berencana meluncurkan layanan serupa. Lalu apa sebenarnya layanan email terenkripsi ini? Layanan email terenkripsi adalah layanan email yang telah dienkripsi atau di-kode-kan agar tidak dapat dibaca atau dibuka oleh pihak yang tidak berwenang.

Layanan email terenkripsi Lavabit yang baru saja ditutup tersebut adalah layanan email yang digunakan oleh Edward Snowden, sang pembocor rahasia program mata-mata Amerika Serikat. Berbeda dengan layanan email yang biasa kita gunakan seperti Yahoo atau Gmail yang tidak dienkripsi, sehingga membuka kemungkinan bahwa isi email dapat dibaca oleh pihak lain, termasuk NSA.

“Layanan email yang sangat aman untuk berjalan di server yang berbasis non-AS (di luar AS). Ini adalah tindakan ‘Privacy Seppuku’ – mati secara terhormat (” bunuh diri “) daripada dipaksa untuk mematuhi hukum dan pengadilan berniat melanggar privasi orang,” kata Kim Dotcom.

“Pada hal ini dan front lainnya, Mega melakukan beberapa hal yang sangat mutakhir. Mungkin tidak ada seorang pun di dunia yang mengambil pendekatan Mega membuat pekerjaan kripto benar untuk digunakan secara massal, proposisi inti kami,” kata Chief Executive Mega, Vukram Kumar.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (12/08/2013), apa yang dilakukan oleh Kim Dotcom ini adalah upaya menyediakan layanan email yang aman dan menjaga privasi penggunannya. Tentu saja, layanan email terenkripsi besutan Kim Dotcom ini akan menjadi layanan yang kontroversial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda