Scroll to Top

Microsoft Lebih Baik Fokus Pada Windows 8 & Tinggalkan Windows RT, Menurut Analis

By Ditya / Published on Tuesday, 13 Aug 2013
Surface RT
Tablet Surface RT

Microsoft disarankan untuk fokus pada sistem operasi Windows 8 dan meninggalkan sistem operasi Windows RT yang dinilai tidak menguntungkan oleh para analis. Seperti yang kita ketahui, pembesut tablet Surface RT ini tetap berkomitmen terhadap Windows RT meski saat ini platform tersebut bisa dibilang gagal menarik perhatian pasar.

Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini telah berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan sistem operasi Windows RT. Seperti yang kita ketahui, Windows RT adalah versi terbatas dari Windows 8 yang didesain khusus untuk tablet yang ditenagai oleh prosesor ARM.

Namun, Windows RT ini tampaknya gagal menarik perhatian pasar yang diawali dengan jebloknya penjualan tablet Surface RT yang dinilai terlalu mahal dan kemudian ditinggalkan oleh partner-partnernya, sebut saja Lenovo dan Asus yang memutuskan untuk tidak lagi memproduksi perangkat berbasis Windows RT.

“Keputusan Microsoft untuk mendorong dua sistem operasi tablet yang berbeda, Windows 8 dan Windows RT, telah menghasilkan hasil yang buruk di pasar sejauh ini. Konsumen tidak membeli proposisi nilai Windows RT, dan jangka panjang, kita berpikir Microsoft dan mitra-mitranya akan lebih baik memfokuskan perhatian mereka pada peningkatan Windows 8,” kata Tom Mainelli, Direktur Riset IDC.

Saat ini, Windows RT 8.1 telah menerima banyak perbaikan, sebut saja dukungan untuk tablet berlayar kecil, peningkatan kemampuan baterai, hadirnya aplikasi Outlook RT, aplikasi Metro baru, dan dukungan sentuhan yang lebih baik. Namun, semua itu tak menjamin kesuksesan Windows RT di masa depan.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (12/08/2013), saat ini Windows 8 melalui Windows 8.1 juga telah mengalami banyak kemajuan dan mampu memasuki pasar tablet berbasis prosesor x86, sehingga keberadaan Windows RT sebenarnya tidak terlalu diperlukan dan hanya dianggap buang-buang tenaga saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda