Scroll to Top

Blackberry Pertimbangkan Opsi untuk Menjual Perusahaan

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 13 Aug 2013

BBM

Kabar mengejutkan datang dari Blackberry. Produsen ponsel hitam mungil itu mulai memertimbangkan opsi untuk menjual perusahaan. Ditengarai langkah ini ditempuh akibat rendahnya penjualan Blackberry 10 dan kerugian yang tiada henti.

Pada awal tahun ini Blackberry resmi merilis BB 10. Sebuah OS terbaru dan tercanggih dari Blackberry yang membuat vendor ponsel asal Kanada ini miliki segudang ekspektasi. Namun sayang hingga kuartal pertama tahun 2013 penjualan BB 10 hanya capai 2,7 juta unit saja.

Pada Senin kemarin, Blackberry telah memutuskan untuk membentuk sebuah komite khusus. Komite ini miliki tugas untuk mencari alternatif solusi bagi perusahaan. Blackberry mengaku pada pers jika mereka lakukan itu demi Blackberry 10.

Akan tetapi alternatif yang bakal diambil oleh komite khusus menjurus pada usaha patungan, kemitraan, serta penjualan perusahaan. Opsi terakhir ini yang menarik. Sebab, adanya kemungkinan Blackberry bakal dilego.

Pada Agustus 2007 harga saham Blackberry sempat meroket di posisi USD 236. Enam tahun kemudian, 2013, saham BB menukik tajam di angka USD 10. Analis berpendapat jika Blackberry gagal mengantisipasi kompetitor. Kini mereka harus berjuang keras dan tergerus oleh smartphone produksi Apple dan Samsung.

Pada awal tahun 2012 Blackberry menunjuk CEO baru yakni Thorsten Heins. Sebelumnya ia adalah CTO di Siemens. CEO baru ini diharapkan bisa jadi juru penyelamat. Pun demikian dengan produk BlackBerry Q10 dan Z10. Namun apa lacur, keduanya tak sesuai dengan ekspektasi begitu pula sang bos.

Pada kuartal kedua 2013, Blackberry hanya mampu mengapalkan 6,8 smartphone. Angka ini sama dengan seperlima jumlah ponsel yang dijual Apple. Bulan Juni lalu, saham BB anjlok hingga 28%. Imbasnya Balckberry kehilangan USD 84 juta atau sekitar 13 sen per lembar sahamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda