Scroll to Top

Facebook Berminat Akuisisi Aplikasi Penerjemah Suara

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 13 Aug 2013

Facebook

Facebook bersiap lakukan akuisisi baru. Kali ini yang jadi incaran adalah Mobile Technologies, sebuah perusahaan yang membesut aplikasi penerjemah suara. Apa yang direncanakan Mark Zuckerberg?

Facebook pernah berujar jika mereka bakal lebih fokus ke sektor mobile. Hal ini bukannya tanpa alasan. Sebab, masa depan aktivitas internet ada di sektor ‘bergerak’.

Terkait dengan penerjemah suara, fitur ini menyerupai dengan pengenalan suara. Sebuah teknologi yang lazim ditemui di pelbagai perangkat smartphone. Sebut saja di iOS atau Android.

Di iOS, mereka miliki Siri. Asisten ‘cantik’ yang siap menjawab apa saja pertanyaan yang diajukan. Pun juga dengan Android. Mereka miliki Google Voice Search yang terintegrasi khususnya di Google Now. Pertanyaannya kemudian, apa yang bakal dilakukan Facebook dengan Mobile Technologies?

Menurut Reuters aplikasi tersebut tak hanya sekadar ‘mesin’ penerjemah suara namun juga fitur pengenalan suara (speech recognition). Salah satu direktur Facebook menulis di blog-nya jika teknologi suara bisa diaplikasikan untuk menjelajah web.

Mobile Technologies sendiri miliki produk aplikasi gratis yakni Jibbigo Translator. Aplikasi tersebut mampu menerjemahkan suara ke lebih dari 20 bahasa. Di App Store dan Google Play, aplikasi ini miliki rating yang cukup bagus.

Mobile Technologies adalah sebuah perusahaan asal Pittsburgh, Amerika Serikat. Memang belum ada keterangan resmi soal akuisisi yang ada berikut nilainya. Yang jelas, jika akuisisi ini resmi terjadi maka persaingan antara iOS, Android, dan Facebook bakal semakin ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda