Scroll to Top

Zhang Lin, Profesor China Ini Bangun Gunung di Atas Apartemen

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 13 Aug 2013

Hunian Gunung

Apa yang dilakukan Zhang Lin sungguh luar biasa. Profesor China ini membangun sebuah ‘gunung’ di atas sebuah apartemen. ‘Gunung’ yang diciptakannya adalah berupa sebuah hunian yang menyerupai istana. Namun sayangnya master piece-nya ini disinyalir ilegal.

Zhang Lin dikenal sebagai seorang profesor. Ia habiskan lebih dari enam tahun untuk membangun hunian unik yang menyerupai ‘gunung batu’ itu.

Mengapa disebut menyerupai gunung? Sebab, hunian di atas apartemen itu sangat mirip dengan gunung berbatu. Pun juga ‘gunung’ tersebut dilengkapi dengan puing-puing dan semak-semak.

Hunian gunung 2

Namun apa yang dilakukan Zhang Lin ternyata membawa masalah bagi para penghuni sekitar. Mereka merasa terganggu dengan keributan yang ditimbulkan tatkala proses pembangunannya.

Ini belum lagi soal gangguan lain yakni kebocoran dan masalah keretakan bangunan. Bahkan ada salah satu tetangga yang harus pindah hunian akibat masalah ini.

Terkait dengan regulasi, hukum yang ada belum terlalu mengekang akan aturan itu. Sedangkan bangunan ilegal jadi masalah serius sebab harga properti dan tanah di China yang terus meroket,

Hunian gunung 3

Selama enam tahun membangun hunian ‘gunung’ ini, profesor Zhang Lin memilih waktu di malam hari. Ia berjanji memasang karet peredam guna mengurangi kebisingan yang ditimbulkan. Yang perlu dikhawatirkan adalah soal tambahan beban yang ditimbulkan.

Sebab, diperkirakan ada ratusan ton yang dibebankan di atap apartemen tanpa pengaman yang kuat. Sedangkan Zhang Lin miliki hunian di apartemen tersebut di lantai 26. Demikian tulis Daily Mail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda