Scroll to Top

FB dan Twitter Haram, Sebut Ulama India

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 13 Aug 2013

Twitter

Seorang mulfi India menyebut dua media sosial top FB dan Twitter adalah haram. Mufti India itu himbaukan larangan untuk memajang foto pribadi dan mencari relasi di dua jenis jejaring sosial tersebut.

Mufti (India) adalah ulama yang memiliki wewenang untuk menginterpretasikan teks dan memberikan fatwa kepada umat. Salah satu ulama yang berpedapat soal pelarangan itu adalah Maulana Tauquir Raza Khan.

Ia mengatakan jika pengunggahan foto di jejaring sosial wajib dihindari. Dalam Islam sendiri, kata dia, tunjukkan wajah (wanita) ke orang asing sejatinya dilarang. Namun ia berikan himbauan jika jejaring sosial seyogianya dimanfaatkan guna hal positif ketimbang ajang narsis kecantikan fisik.

Ulama lain, Maulana Saif Abbas Naqvi tegas menegaskan jika memasang foto di FB dan Twitter adalah haram. Ia tak melarang kaum muda miliki kedua akun itu. Namun menurut syariah tak izinkan (wanita) memasang foto untuk orang asing dan dekat.

Namun tidak semua ulama India berikan larangan tegas. Mufti Abul Irfan Naimul Halim Firgani Mahli misalnya, tokoh Sunni ini izinkan penggunaan Facebook dan Twitter untuk bisnis.

Namun ia tak setuju jika keduanya dimanfaatkan untuk menjalin relasi khususnya dengan lawan jenis. Lain lagi dengan keyakinan ulama Saif Abbas Naqvi. Ia mengatakan jika umat dipersilakan miliki akun FB dan Twitter.

Tapi, ada syarat yang harus dilakukan. Di kedua akun itu, pengguna tidak diperkenankan memasang foto di profilnya. Alasannya jelas, sebab ia yakin jika tindakan itu adalah haram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda