Scroll to Top

Kilas Balik Liga Inggris 2005/2006: Ketika Chelsea (Masih) Menguasai Inggris

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 21 Sep 2011

Musim 2005/2006, musim kedua Jose Mourinho berada di Inggris, ditandai dengan penguatan sektor gelandang Chelsea. Tercatat, Lassana Diarra, Shaun Wright-Phillips, dan Michael Essien didatangkan untuk menambah kekuatan lini tengah The Blues. Pembelian seharga 54,5 juta poundsterling pun sepadan dengan gelar juara liga dalam dua musim berturut-turut.

Bedanya, kalau musim sebelumnya, Chelsea begitu tegar dengan hanya kalah sekali, musim 2005/2006 tidak demikian. Pasukan Jose Mourinho lima kali kalah. Pertama, oleh Manchester United 0-1 di Old Trafford. Kekalahan ini menghentikan rekor mereka yang tak pernah pulang dengan tangan hampa selama 42 pertandingan (kalah 7 pertandingan dari rekor abadi milik Arsenal).

Selanjutnya, The Blues kalah oleh Middlesbrough 0-3 dan Fulham 0-1. Semuanya terjadi dalam laga away. Dua kekalahan terakhir berikutnya, terjadi di pekan 37 dan 38. Saat itu, Chelsea sudah dipastikan juara sehingga melepas pertandingan.

Perjalanan awal Chelsea musim 2005/2006 dicatat dengan raihan fantastis. Mereka menang 9 kali berturut-turut dalam 9 laga awal Liga. Untuk pertama kalinya pula pasukan Jose Mourinho bisa mencetak 5 gol saat menyikat Bolton Wanderers di kandang dengan skor 5-1.

Tidak ada yang bisa mengganggu Chelsea dari posisi 1 klasemen sejak pekan ketiga hingga terakhir. Bahkan, gelar juara bisa dipastikan jatuh di tangan mereka pada pekan 36. Saat itu, Chelsea menghadapi Manchester United di Stamford Bridge. Gol William Gallas, Joe Cole, dan Ricardo Carvalho, memperpanjang rekor kemenangan Jose Mourinho atas Alex Ferguson.

Sayang, prestasi di liga tidak menular di tingkat lain. Chelsea terdepak di perdelapan final Liga Champions oleh sang juara, Barcelona, dengan agregat 2-3.

Di tingkat Piala Liga, berangkat sebagai juara bertahan, Chelsea langsung keok di babak ketiga (penampilan mereka satu-satunya di ajang ini). Mereka kalah adu penalti dari Charlton Athletic.

Di Piala FA, Chelsea disingkirkan Liverpool 1-2 dalam pertandingan netral yang diselenggarakan di Old Trafford. Alhasil, cuma dua gelar yang berhasil diboyong Mourinho. Selain juara liga, Chelsea bisa meraup Community Shield di awal musim setelah menaklukkan Arsenal 2-1.

 

Fakta Chelsea 2005/2006

Premier League: Peringkat 1

Liga Champions: 16 Besar (kalah agregat dari Barcelona 2-3)

Piala Liga: Ronde Ketiga (kalah dari Charlton Athletic 1-1[4-5 adu penalti])

Piala FA: Semifinal (kalah dari Liverpool 1-2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda