Scroll to Top

Debian Linux Kini Genap Berusia 20 Tahun

By Ditya / Published on Friday, 16 Aug 2013
Debian Cake
Debian Cake

Debian Linux, salah satu distribusi sistem opetrasi open-source Linux tertua dan terkenal stabil ini kini genap berusia 20 tahun. Debian atau Debian GNU/Linux ini adalah distro Linux yang didirikan oleh Ian Murdock melalui Proyek Debian pada 16 Agustus 2013 atau tepat 20 tahun lalu.

Memang, rilis distribusi Debian Linux ini tak sepopuler rilis distro lain seperti Linux Mint atau Ubuntu. Debian Linux ini dirancang untuk mengedepankan kestabilan sistem. Sayangnya, kestabilan sistem ini mengorbankan perangkat lunak yang dibawanya tang merupakan versi lawas.

Di usianya yang telah mencapai 20 tahun, Debian telah berkembang menjadi salah satu proyek open source terbesar dan paling berpengaruh. Debian Linux saat ini digunakan sebagai basis pengembangan distro Linux lain yang tak kalah populer, sebut saja Ubuntu, Knoppix, Mepis, Xandros, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, Debian juga dijuluki sebagai sistem operasi universal karena telah tersedia dalam 70 bahasa, mendukung pelbagai jenis arsitektur komputer, dan datang dengan puluhan ribu paket perangkat lunak. Rilis pertama distribusi Debian adalah Debian 1.1 Buzz, kemudian dilanjutkan oleh 1,2 Rex, 1.3 Bo, 2.0 Hamm, 2.1 Slink, 2.2 Potato, dan seterusnya.

Rilis terbaru dari distribusi Debian adalah Debian Linux 7.0 Wheezy yang datang dengan 36.000 peket perangkat lunak siap pakai dan mendukung banyak arsitektur komputer, sebut saja x86 32bit, x86 64 bit, ARM, PowerPC, SPARC, Intel Itanium IA-64, MIPS, dan banyak lagi.

Happy Birthday, Debian GNU/Linux!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda