Scroll to Top

Facebook Makin Eksis, Pengguna Justru Kian Merasa Sedih

By Ibnu Azis / Published on Friday, 16 Aug 2013

Kesepian

Apa indikator kesuksessan sosialisasi seseorang di Facebook? Kian narsis atau makin eksis? Menurut studi terbaru keduanya justru akan buat pengguna kian merasa kesepian. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Dikutip dari The Next Web, miliki banyak teman, miliki banyak relasi, tentu saja akan buat hidup seseorang sangat menyenangkan dan bahagia. Namun ingat, keduanya baru betul-betul ‘menyenangkan’ jika hadir di dunia nyata.

Ethan Kross dari University of Michigan, lakukan sebuah studi untuk membandingkan bagaimana tingkat kebahagiaan antara pertemanan yang sesungguhnya dan kekraban yang terjalin di Facebook. Dan hasilnya justru di luar dugaan.

Ethan Kross mencatat jika kian banyak membuka FB maka makin membuat pengguna kian sedih. Facebook, terang Ethan, justru berikan dampak sebaliknya. Peneliti asal Universitas Michigan ini justru berpendapat jika jejaring sosial top tersebut malah merusak.

Dalam penelitiannya, Ethan dan timnya lakukan studi pada 82 anak muda yang intens gunakan Facebook. Di periode tertentu, responden justru alami penurunan tingkat kebahagiaan tatkala intensitas aktivitas Facebook-nya tinggi.

Namun fakta berbeda justru ditemukan di dunia nyata. Mereka yang bertemu dan bergaul secara real dengan sesama justru alami peningkatan level kebahagiaan. Pada publikasi Ethan yang diterbitkan 14 Agustus lalu di PLos One, ia simpulkan jika bergaul di jejaring sosial tidak cukup untuk penuhi kebutuhan manusia akan sosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda