Scroll to Top

Kacamata Keren untuk Tunanetra Ini Bisa Membaca Sendiri

By C Novita / Published on Friday, 16 Aug 2013

kacamata

Ada sekelompok mahasiswa yang melakukan penelitian dan berhasil mengembangkan sebuah kacamata canggih untuk membantu kaum tunanetra. Kacamata keren dan canggih tersebut mampu membaca hampir semua teks tulisan, mulai dari iklan, label, bahkan buku kepada pemakainya.

Penemuan tersebut adalah hasil dari diadakannya sebuah kontes penelitian di bidang kewirausahaan sosial, yang diadakan oleh mahasiswa dari Florida Internatinal University.

Kacamata yang khusus ditujukan untuk membantu kaum yang tak dapat melihat itu dinamakan Eyetalk Glasses. Tujuannya tentu untuk memfasilitasi interaksi antara mereka dengan dunia luar.

Konsepnya melibatkan penggunaan komponen elektronik miniatur dan sistem pengenalan teks yang canggih. Alat tersebut memungkinkan untuk menyuarakan teks iklan, teks label, juga teks buku tanpa koneksi internet.

Walau prototipe perangkat tersebut tidak seelegan model 3 dimensinya, tetapi para mahasiswa tersebut terus berusaha untuk membuat versi berikutnya yang lebih kecil dan canggih.

Bahkan rencananya kacamata tersebut akan dikembangkan menjadi mampu mengenali lebih dari 1 bahasa, tidak hanya bahasa Inggris seperti saat ini.

Dilansir oleh Geniusbeauty, investor sudah mengakui perkembangan yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut, dan perspektif bisnis kacamata baca itu akan sangat baik di masa depan sebab kaum tunanetra di berbagai negara pasti membutuhkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda