Scroll to Top

FB Siapkan Alat Pembayaran Online, Tandingi Paypal?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 16 Aug 2013

Facebook

Satu lagi inovasi yang dilakukan oleh Facebook. Kini, jejaring sosial tersebut tengah siapkan sebuah alat pembayaran online. Mobile payment tersebut nantinya akan gunakan rincian data informasi dari login akun FB pengguna.

Dilansir dari GigaOm yang merujuk ke AllThingsD, dari sumber terdekat dengan Facebook, jejaring sosial ini bahkan telah mengujicoba sistem tersebut. Lantas, apakah sistem ini sebagai kompetitor Paypal?

Analis menyebut jika sistem yang sedang dibangun Facebook kemungkinan tidak akan jadi the next Paypal. Antara Facebook dan Paypal sendiri miliki hubungan yang cukup baik. Kemungkinan Facebook akan jadi alternatif cara pembayaran selain kartu kredit.

Secara ringkas, pembeli membayar via aplikasi khusus yang bisa diakses dengan memasukkan rincian login Facebook.  Nantinya data akan tersimpan ke formulir pemeriksaan otomatis di aplikasi tersebut dan kemudian proses pembelian bisa dilanjutkan.

Sementara itu situs busana pria JackThreads kini tengah jadi mitra percontohan sistem ini. Sedangkan kritik yang hadir memertanyakaan bagaimana tingkat kepercayaan yang bakal terjaga antara Facebook dan pengguna.

Facebook kerap disandera kasus privasi yang seakan muncul tiada henti. Apakah pengguna yakin 100% bila mereka memercayakan rincian kartu kreditnya ke Facebook?

Lantas bagaimana soal kasus peretasan yang kerap terjadi? Jika akun FB jebol dan kebetulan terhubung dengan sistem tersebut, maka kemungkinan besar data finansial pengguna juga turut hilang. Mungkin Facebook harus fikirkan cara untuk itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda