Scroll to Top

Real Madrid Klub Terboros Liga Spanyol Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 17 Aug 2013

Real Madrid Klub Terboros Liga Spanyol Musim Ini

Real Madrid tercatat sebagai klub terboros dalam bursa transfer Liga Spanyol musim 2013-2014. Mereka mengeluarkan dana sebesar 81,4 juta Euro. Sebaliknya, Rayo Vallecano, tetangga dari lembah Vallecas, tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk merekrut pemain.

Dalam tabel yang disusun oleh SPORT, terlihat jelas pula kontrasnya daya beli duo El Clasico, Real Madrid dan Barcelona dibandingkan klub-klub Liga Spanyol lain. Barcelona, yang musim ini cuma membeli seorang Neymar, ada di peringkat kedua dengan pengeluaran sebesar 57 juta Euro. Yang unik, adalah klub ketiga dalam urusan belanja. Bukan Valencia yang dari tahun ke tahun seperti susah keluar dari krisis. Bukan pula Atletico Madrid.

Adalah Sevilla dengan proyek ambisius mereka. Kubu Ramon Sanchez-Pijzuan mengeluarkan dana sebesar 33,7 juta Euro untuk berburu bintang. Yang termahal tentu ketika mereka mendatangkan Kevin Gameiro dari PSG. Selain itu, Unai Emery juga menghadirkan Carlos Bacca, Sebastian Cristoforo, dan Raul Rucescu. Pengeluaran Sevilla, tergolong wajar karena mereka juga mengekspor para punggawa ke Premier League.

Di peringkat keempat, ada yang juga tak kalah serius berbenah. Athletic Bilbao. Meskipun masih mempertahankan kebijakan membeli pemain berdarah Basque, nyatanya Athletic mengeluarkan dana 12,3 juta Euro. Transfer termahal tentu saja adalah Benat Etxeberria dari Real Betis.

Atletico Madrid dan Valencia, dua tim yang berebut status tim terbaik ketiga La Liga, masih kalah dengan Villarreal yang tak mau mengulang memori muram dua tahun lalu. Tapi, yang paling mencolok adalah, apa yang terjadi pada enam klub: Getafe, Levante, Espanyol, Elche, Almeria, dan Rayo Vallecano. Mereka tidak mengeluarkan dana lebih dari 500.000 Euro.

Yang paling tak berbelanja tentu Rayo. Klub tetangga Real Madrid ini, mengeluarkan 0 Euro. Total, bisa dikatakan, pembelian yang dilakukan oleh 16 klub La Liga musim ini (minus Rayo) hanyalah sekitar hampir 1/4  dari total pembelian seluruh klub Primera Division.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda