Scroll to Top

Hari Kemerdekaan Indonesia di Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 17 Aug 2013

Hari Kemerdekaan Indonesia di Google Doodle Hari Ini

Google ikut merayakan hari Kemerdekaan Indonesia ke-68, pada Sabtu, 17 Agustus 2013 ini. Ini adalah tahun kelima secara beruntun, raksasa internet tersebut berpartisipasi dalam peringatan proklamasi kemerdekaan RI yang tercetus pada 17 Agustus 1945.

Google Doodle menampilkan lambang Google yang terdiri dari warna merah-putih. Jika Anda mengklik logo Google tadi, akan muncul tulisan ‘Hari Kemerdekaan Indonesia 2013″.

Kemudian, di tengah-tengah lambang tersebut, sebagai pengganti huruf O kedua, terdapat lambang Garuda Pancasila yang pada cakar kakinya tercengkeram pita putih yang menghubungkan seluruh huruf pembentuk Google.  Hal yang bisa saja ditafsikan sebagai cerminan persatuan dan kesatuan Indonesia pada segenap elemen bangsa, dari ujung ke ujung, di bawah naungan semangat “Bhinneka Tunggal Ika”, berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Sebelumnya, sejak peringatan 17 Agustus pada 2009, Google senantiasa merayakan kemerdekaan Indonesia. Sesuatu yang menunjukkan respek dunia internasional terhadap negara ini. Dimulai pada tahun 2009, ketika Google menampilkan warna merah-putih dan bendera Merah-Putih sebagai pengganti huruf O. Kemudian, pada tahun berikutnya, Google Doodle menampilkan penari Bali dan bunga khas dari negara ini.

Tahun 2o11, peringatan kemerdekaan RI oleh Google lebih spesifik lagi, karena ditampilkan kartun lomba panjat pinang, seorang lelaki yang tengah menggapai berbagai hadiah di lomba yang sangat khas Indonesianya itu, dengan bendera Merah-Putih berkibar di puncak.

Tahun lalu, suasana yang sama juga terekam dalam Google. Kali ini mereka menampilkan berbagai lomba yang biasanya diadakan di berbagai penjuru tanah air. Mulai dari mengambil koin dari buah semangka dengan gigi, lomba makan kerupuk, dan lomba lari karung. Dan tahun ini, Google juga mengimbuhkan, Indonesia dikenal sebagai negara dengan lebih dari 17.000 pulau, memiliki 33 provinsi,ratusan suku dengan ribuan bahasa dan budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda