Timnas Indonesia U-19 U-17

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup B dalam perhelatan AFF Cup U-19 2013 yang bakal tersaji pada tanggal 9 hingga 22 September 2013 mendatang di Jawa Timur. Timnas Indonesia U-19 berada satu grup dengan sejumlah lawan berat yang selama ini menjadi kompetitor tim Merah-Putih di level Asia Tenggara. Siapa saja rival Timnas Indonesia U-19 di AFF Cup 2013?

Selain Indonesia, di Grup B bercokol pula Thailand, Malaysia, Myanmar, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Dari kelima calon lawan Indonesia tersebut, hanya Brunei Darussalam yang mungkin kekuatannya masih di bawah tim asuhan Indra Sjafri ini.

Sedangkan Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Vietnam tentu saja akan menjadi lawan berat bagi Timnas Indonesia U-19 untuk lolos dari penyisihan grup demi mengejar gelar juara AFF Cup U-19 2013.

Adapun di Grup A dihuni oleh Australia, Laos, Filipina, Timor Leste, Laos, Singapura dan Kamboja. Grup ini relatif lebih ringan karena hanya Australia dan Singapura yang masih menjadi tim terkuat, ditambah Filipina yang berpotensi memberi kejutan. Sedangkan Laos dan Kamboja tampaknya masih akan menjadi kuda hitam.

Pergelaran AFF Cup U-19 2013 dihelat di Indonesia dengan Jawa Timur sebagai lokasi penyelenggaraan laga. Ada dua stadion yang telah ditetapkan untuk menggelar pertandingan, yaitu Stadion Petrokimia Gresik dan Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Sedangkan Stadion Gelora Bung Tomo diposisikan sebagai lokasi cadangan.

Skuat Timnas Indonesia U-19 saat ini masih menjalani pelatnas di Sidoarjo setelah pindah dari Yogyakarta. Proses seleksi dan sejumlah laga ujicoba pun sudah dilakoni oleh anak-anak asuh pelatih Indra Sjafri ini.

Terakhir, Timnas Indonesia U-19 memperoleh 11 tambahan pemain dari tim SAD Indonesia angkatan 2012 yang selama ini berkiprah di Uruguay. Ke-11 pemain ini nantinya juga akan menjalani proses seleksi sebelum dipilih sebagai anggota tim Garuda Muda yang akan berlaga di AFF Cup U-19.