Scroll to Top

Microsoft Telah Mengucurkan Dana Sebesar 5,5 Milyar Dolar Untuk Bing

By Ivan Azzam / Published on Wednesday, 21 Sep 2011

Saat Microsoft pertama kali memperkenalkan Bing ke dunia maya, respon yang didapat cukup baik. Pengguna suka mengganti latar belakang homepage mereka di Bing, lalu Bing mulai mendapat trafik yang memadai hanya dalam beberapa hari saja, dan menjadi tantangan serius bagi Google.

Namun sayang, Bing malah menjadi sumber pemakan uang Microsoft sejak peluncurannya pada 2009 lalu. Hanya dalam waktu dua tahun saja, Microsoft menghabiskan dana sebanyak 5,5 milyar dolar, dan hanya mendapat pangsa pasar 14,7 persen saja, dimana setengahnya didapat dari perjanjian antara Microsoft dan Yahoo!.

Microsoft sendiri sepertinya sering terlambat dalam memasuki kompetisi pasar, dan buruknya lagi, ini tidak membawa dampak apapun bagi kompetitor utama Microsoft.

Saat Bing diluncurkan, Google sudah memiliki pangsa pasar sebesar 65%, dan saat ini turun sedikit menjadi 64,8%. Ini artinya, Bing mendapat pasar dari pemain dan rekanan kecil lainnya, sedangkan Google tetap kuat dan untung di pasar pencarian.

Usaha Microsoft terhadap Bing adalah, Microsoft bisa mengubah cara kita mencari informasi di internet, daripada mencari kata kunci, Bing ingin kita bisa bertanya sesuatu. Meski tak ada contoh relevan yang dimaksud, Microsoft ingin Bing lebih dari sekedar mesin pencari, dan dari situlah, diharapkan keuntungan akan datang. Pertanyaan utamanya adalah, bisakah Bing bersaing dengan kebesaran Google? (via Geek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda