Scroll to Top

Bagaimana Rasa dan Khasiat Susu Unta?

By C Novita / Published on Saturday, 17 Aug 2013

susu unta

Jika saat ini di kawasan Uni Emirat Arab banyak beredar susu sapi baik dalam bentuk segar ataupun bubuk, itu sebenarnya terjadi karena pengaruh budaya Barat. Kebudayaan masyarakat Arab sendiri sejak jaman kuno lebih banyak mengonsumsi susu unta yang menjadi hewan peliharaan umum di sana.

Menurut penelitian, kandungan lemak dalam susu unta tak sebanyak susu sapi, hingga aman diminum oleh orang yang mengalami alergi laktosa. Vitamin C dan kalsium yang dikandung oleh susu unta pun dikatakan lebih kaya dibanding susu sapi.

Untuk mempopulerkan lagi susu unta dikalangan turis asing, maka dibuatlah modifikasi jenis minuman koktail non alkohol yang mencampurkan susu unta sebagai salah satu komponennya. Adalah hotel Ritz-Carlton Grand Cana Abu Dhabi yang pertama mencetuskan ide tersebut.

Ide tersebut lantas diikuti oleh Costa Coffe dan cabang-cabangnya yang tersebar di beberapa kota di UEA. Mereka menambahkan susu unta dalam beberapa jenis minuman mereka, untuk menarik minat para turis yang penasaran ingin mencicipi rasa susu hewan gurun tersebut.

Khasiatnya adalah baik bagi penderita sakit jantung, diabetes tipe 1, serta mampu mendongkrak libido pria.

Rasa susu unta yang asli dikatakan lebih asin dibanding susu sapi. Namun itu malah baik bagi tubuh manusia. Kandungan vitamin B dan zat besi serta protein dalam susu unta juga tinggi.

Bahkan berdasarkan hasil penelitian, perbandingan gizi yang terkandung dalam susu unta hanya bisa disaingi oleh ASI alias air susu ibu saja. Wah, jadi penasaran ingin mencoba, ya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda