Scroll to Top

Inilah Penampakan Iklan Pertama di Situs Facebook

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 17 Aug 2013

Iklan FB

Situs FB saat ini hampir dijejali dengan iklan. Mulai di News Feed, sidebar, dan yang terkini – meski rumor – berupa video 15 detik. Bagaimana wujud iklan di situs Facebook untuk pertama kalinya? Berikut penampakannya.

Dua bulan pertama tatkala laman TheFacebook.com eksis, situs embrio Facebook tersebut tak dihiasi sejumlah iklan. Sang founder, Mark Zuckerberg lebih tertarik bagaimana membuat pengguna bahagia daripada mengeruk keuntungan.

Setelah launching perdana pada bulan Februari 2004 di Havard, situs ini mulai diperkenalkan ke lingkungan eksternal universitas. Ini termasuk ke Columbia, Stanford, dan Yale. Namun, sebulan berikutnya Mark Zuckerberg mulai memertimbangkan iklan guna menutup biaya operasional.

“Mungkin bagus di masa depan untuk dapatkan beberapa iklan guna menutup biaya server,” terang bos Facebook pada 1 Maret 2004 pada The Havard Crimsom.

Eduardo Saverin, salah satu co-founder Facebook sekaligus CFO kala itu mulai bergerilnya untuk mencari deal iklan. Ia akhirnya dapatkan kontrak berupa produk T-Shirt dan pernak-pernik seputar dunia kampus serta kemahasiswaan. Iklan FB akhirnya muncul pada bulan April.

Lantas bagaimanakah wujudnya? Seperti gambar di atas (bawah judul), iklan yang ada berupa banner vertikal di sidebar sebelah kiri. FB menyebutnya sebagai Facebook Flyers. Sedangkan pengiklan bisa targetkan pasar berdasar demografi alamat email universitas.

Seiring berjalannya waktu Facebook kini kian menggurita dari jumlah pengguna. Sejurus kemudian pemasukan mereka pun senada. Pada kuartal kedua tahun 2013 misalnya, Facebook mampu meraup laba hingga USD 1,8 miliar. Mungkin Mark Zuckerberg dkk sembilan tahun lalu tak berani bermimpi Facebook bakal sesukses ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda