Scroll to Top

Sebelum Olahraga, Minum Jus Semangka Agar Tenaga Lekas Pulih

By C Novita / Published on Saturday, 17 Aug 2013

Anda kerap kehabisan tenaga usai berlatih olahraga kegemaran Anda, semisal futsal atau sepak bola? Jangan khawatir. Coba saja konsumsi satu gelas jus semangka sebelum memulai kegiatan tersebut. Hasilnya, tenaga Anda akan lekas pulih dan badan tak terasa pegal.

Ya, buah manis yang mengandung banyak air tersebut memang dapat membantu tubuh Anda untuk kembali segar dan bertenaga. Ketimbang meminum suplemen buatan pabrik, jelas sekali jus semangka lebih berkhasiat berlipat kali.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universidad Politecnica de Cartagena, Spanyol. Mereka meriset efek dari asam amino L-citrulline, yang banyak terdapat dalam buah semangka.

Asam amino L-citrulline ternyata mampu meningkatkan kadar protein otot yang menyebabkan ia tak mudah lelah, serta mampu pulih cepat usai beraktifitas seperti olahraga.

Hasil penelitian tersebut telah dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Responden pada riset tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yang salah satu kelompok diminta untuk meminum jus semangka sebelum olahraga, dan lainnya tidak.

Efeknya, responden yang meminum jus semangka lebih lekas kembali kebugarannya usai berolahraga, dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

Syaratnya jus tersebut berasal dari buah yang segar, dan bukan jus kemasan buatan pabrik yang lebih banyak mengandung pemanis buatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda