Scroll to Top

PSSI Gagas Timnas Indonesia Berkonsep Piramida

By Aditya / Published on Sunday, 18 Aug 2013

Timnas Djohar Arifin

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, mewacanakan gagasan baru untuk Timnas Indonesia. PSSI menawarkan konsep piramida untuk Timnas Indonesia di segala jenjang umur, dari level Timnas Indonesia usia muda hingga berpuncak di Timnas Indonesia senior. PSSI berharap, konsep piramida tersebut bisa menjadi solusi bagi pembinaan pemain usia muda dan nantinya menghasilkan Timnas Indonesia yang solid, tangguh, dan berprestasi.

Djohar Arifin Husin memaparkan konsep tersebut saat menyaksikan anak-anak Indonesia yang bertanding di cabang olahraga sepakbola dalam ajang Asian Youth Games (AYG) 2013 di Nanjing, Cina, Jumat (16/8/2013).

Zaenal Abidin, pelatih cabang olahraga sepakbola Indonesia di AYG 2013, mengutip kata-kata Djohar Arifin Husin, PSSI nantinya akan membentuk timnas dengan konsep piramida di masing-masing jenjang usia. Artinya, akan ada lebih dari satu timnas di setiap level usia yang pada akhirnya akan bermuara pada Timnas Indonesia senior.

“Nantinya, kita akan buat timnas berbentuk piramida yang mengedepankan grassroot dan usia muda sehingga akan terbentuk beberapa tim nasional, mungkin timnas U-12 ada 4 hingga 5 tim, lalu timnas U-14 ada 4 hingga 5 tim, dan seterusnya sampai berbentuk piramida di mana timnas senior yang paling puncak,” bebernya.

Di ajang AYG 2013 sendiri, Indonesia mengalami kekalahan telak dari Iran dengan skor 0-4 pada laga perdana. Namun, di pertandingan kedua melawan Arab Saudi, Muhammad Raihan dan kawan-kawan meraih kemenangan 2-1. Dua gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak oleh Dave Auriel pada menit ke-31 dan Rizky AW pada menit ke-53.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda