Scroll to Top

Kesibukan Membuat Orang Kerap Melupakan Kebiasaan Hariannya

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Aug 2013

buang sampah

Gaya hidup masa sekarang dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan. Tahukah Anda? Banyaknya aktivitas harian yang mesti dilakukan setiap hari memiliki pengaruh pada kesehatan mental. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah kerap melupakan tugas atau fakta penting yang sebenarnya sudah biasa dilakukan setiap hari. Menurut studi dari Avery Office and Consumer Products, orang bisa sampai melupakan lima aktivitas yang biasa dikerjakannya ketika hari mereka sangat sibuk.

Dikutip Times of India, lebih dari setengah dari orang-orang yang disurvey mengaku lupa mengerjakaan aktivitas yang menjadi kebiasaannya karena faktor lupa. Dalam studi ini dilibatkan 2.000 responden berusia dewasa.

Ada kebiasaan lainnya yang sering dilupakan oleh responden saat mereka sibuk. Yaitu mereka kerap lupa menelepon kembali orang-orang yang telah dijanjikannya untuk ditelepon, membalas email penting, lupa dengan nama seseorang, meninggalkan kertas dalam printer, hingga lupa untuk makan siang. Lebih dari separuh responden mengaku makin melupakan hal-hal yang dilakukan setiap hari ketika usia makin menginjak tua.

Sekitar 25 persen responden mereka kesulitan untuk mengingat karena mendapatkan tuntutan untuk mengingat secara berlebihan. Sebagian mereka juga mengatakan waktu mereka tidak cukup untuk melakukan semua hal yang harus dilakukan.  Seperempat dari mereka jga mengaku kerap melupakan password penting dan lupa mengisi baterai ponsel. Ada 12 persen yang mengaku bangun pagi secara tidak menyenangkan di libur akhir pekan gara-gara lupa mengubah jam alarm mereka lebih siang.

“Orang-orang memiliki begitu banyak yang harus dilakukan dalam hidup mereka. Hal yang paling mendasar seperti mengingat untuk membawa makan siang saat bekerja atau membalas email penting benar-benar menjadi hal yang terlupakan,” kata Gregg Corbett.

“Tampaknya semakin dapat melakukan penyederhanaan dalam kehidupan sehari-hari, lebih baik bagi kita semua untuk merasakan sedikit kesalahan yang kita buat,” tambahnya.

Inilah 10 hal sehari-sehari yang sering terlupakan saat sibuk menurut studi tersebut:

  1. Melakukan panggilan telepon kembali
  2. Membalas email
  3. Mengingat nama orang
  4. Mengirim kartu ulang tahun
  5. Membayar biaya telepon
  6. Mengingat password
  7. Mengambil daging dari freezer
  8. Menyiram tanaman
  9. Mengambil kertas dari printer
  10. Mengeluarkan sampah keluar rumah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda