Scroll to Top

Mungkinkah Anak yang Lahir dari Ibu Obesitas Berisiko Meninggal Lebih Dini?

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Aug 2013

fat women

Bagi wanita yang mengalami obesitas mungkin perlu untuk memperhatikan berat badannya sebelum hamil. Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Edinburgh di Skotlandia menemukan, anak-anak yang lahir dari para ibu yang mengalami obesitas lebih berisiko untuk meninggal dini di usia dewasa dibandingkan anak-anak yang lahir dari para ibu yang memiliki berat badan normal.

Dikutip Times of India dari News, peneliti melakukan kajian terhadap data dari 37.709 anak-anak. Ada 6.551 anak-anak yang telah meninggal sebelum studi dimulai. Anak-anak ini berasal dari wanita yang melahir antara tahun 1950 hingga 1976. Data tersebut lalu dipelajari setelah anak-anak berusia  34-61 tahun saat studi dilakukan.

Hasilnya, anak-anak yang dulunya lahir dari ibu yang mengalami obesitas lebih tinggi 35 persen dan wanita lain yang memiliki kelebihan berat badan, sekitar 11 persen lebih mungkin untuk mendapati anak-anak mereka meninggal di usia kurang dari 55 tahun. Hasil tersebut berbanding terbalik dengan anak-anak yang lahir dari para ibu hamil yang memiliki berat badan normal.

Rebecca Reynolds, salah seorang penulis studi yang juga profesor kedokteran metabolik di Universitas Edinburgh mengungkapkan, faktor lain yang mungkin memicu kematian dini tersebut yaitu anak-anak dari wanita yang mengalami obesitas lebih mungkin mengalami penyakit jantung. Mereka berisiko 42 persen lebih tinggi dibanding anak yang lahir dari wanita dengan berat badan normal.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda