Scroll to Top

Area 51 Memang Benar-Benar Ada

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Aug 2013

area 51

Pernah mendengar tentang Area 51 yang ada di Amerika Serikat? Nama tersebut awalnya dikenal sebagai tempat misterius yang diduga menjadi lokasi berbagai penelitian rahasia negara adidaya itu, termasuk terkait UFO. Dikutip BBC, CIA pun secara resmi menyatakan kebenaran keberadaan tempat yang yang ada di wilayah Nevada sejak 1955 itu. Lokasinya memang cukup terpencil. Yaitu, berada di gurun yang mengelilingi Danau Groom.

Menurut sebuah dokumen yang dimiliki sebuah universitas di Amerika, awalnya Area 51 dipakai untuk pengujian pesawat pengintai rahasia U-2. Pesawat U-2 dipakai untuk melakukan aksi mata-mata di waktu perang dingin. Di sana juga menjadi tempat yang dipakai untuk keperluan berhubungan dengan UFO atau alien.

Daya tarik Area 51 kemudian melebar ke masalah UFO dan alien. Dalam dokumen dijelaskan, pesawat U-2 ternyata mampu terbang melebihi ketinggian pesawat komersial. Hal ini kemudian memicu perdebatan tentang adanya UFO atau benda terbang yang tidak dikenal. Pengujian dilakukan pada tahun 1950 dengan mencapai ketinggian di atas 60 ribu kaki. Orang-orang menjadi cukup terkejut dengan keberadaan benda aneh ini.

Pindahnya lokasi pengujian ke Area 51 dilakukan setelah Presiden Dwight Eisenhower menyetujui pengambilalihan tanah di lokasi tersebut. CIA dan staf angkatan udara telah melakukan survey udara sebelumnya. Akhirnya angkatan udara, pejabat CIA, dan Lockheed sebagai kontraktor bangunan U-2 segera pindah ke tempat tersebut.

Pesawat U-2 pernah dipublikasikan pada 1998 dengan banyak pengeditan di sana-sini. Sementara itu, rincian lebih lengkap baru diketahui bulan ini setelah Arsip Keamanan Nasional di Universitas George Washington meminta informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda