Scroll to Top

Di Venezuela, Rambut Menjadi Target Pencurian

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Aug 2013

pencurian rambut

Di Venezuela terjadi aksi pencurian yang cukup mengherankan. Pasalnya, di sana sedang marak pencurian rambut. Pelakunya bahkan para anggota geng. Mereka menyasar terutama para wanita yang memiliki rambut panjang. Untuk melancarkan aksinya, anggota geng akan mencegat korban berambut panjang lalu memotong rambut mereka.

Dikutip dari BBC, seringkali para korban diminta untuk menguncir rambut mereka dengan model ekor kuda. Lalu, penjahat dengan leluasa bisa memotongnya secara cepat. Aksi pencurian rambut ini sangat marak di kota terbesar kedua Venezuela, yaitu Maracaibo.

Para pencuri ini memang ingin mendapatkan dana segar dengan cepat. Mereka akan menjual rambut curiannya ke salon yang membutuhkan. Pasalnya, rambut-rambut ini nantinya menjadi barang dagangan untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan perpanjangan rambut (hair extension) atau dipakai sebagai bahan baku pembuatan rambut palsu (wig).

Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, bahkan gerah dengan keadaan ini. Dia sampai turun tangan dan memerintahkan pihak kepolisian segera mengusut tuntas pelakunya. Dia menyebut pelaku pencurian nekat tersebut sebagai “mafia pemotong rambut perempuan”. Dan, pemerintah menjanjikan segera menangkap pelakunya.

Namun, salah satu kendala yang dihadapi yaitu para korban enggan untuk melaporkan tindak kejahatan yang dialami kepada polisi. Mereka merasa takut jika melapor justru menjadi bahan tertawaan oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda