Scroll to Top

Tips Mengatasi Sifat Pemalu

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Aug 2013

pemalu

Memiliki rasa malu itu penting. Sebab, malu akan membuat Anda untuk lebih sadar diri terhadap keadaan sehingga tidak menyebabkan Anda menjadi bahan olokan. Namun berbeda kasusnya kalau Anda terperangkap dengan rasa malu berlebihan dan menjadi pemalu tingkat tinggi. Hal tersebut justru akan mengucilkan Anda dari lingkungan sosial.

Memiliki sifat pemalu yang berlebihan ada baiknya segera diatasi. Sifat tersebut bisa saja menghambat diri Anda sendiri ke depannya. Pasalnya, ungkapan hati Anda sering tidak tersalurkan dan keinginan tidak bisa dengan mudah dipahami oleh orang. Padahal dalam hidup ini, sesama manusia saling membutuhkan.

Dikutip dari Genius Beauty, ada tiga tips yang bisa dilakukan untuk mengendalikan sifat pemalu tersebut:

  1. Tingkatkan selalu harga diri Anda. Ekspresikan yang muncul dalam hati Anda jika memang perlu diungkapkan. Apalagi jika hal yang akan disampaikan merupakan sebuah kebenaran, Anda mesti mau melatih keberanian untuk mengungkapkannya. Buktikan bahwa Anda pun bisa memberikan argumentasi yang berbobot ketika berbicara. Jika pengetahuan Anda masih kurang terhadap suatu hal, pelajarilah hingga Anda memahaminya sehingga Anda memiliki kekuatan dalam berargumentasi.
  2. Lihatlah orang lain yang mampu menguasai rasa malunya, lalu refleksikan pada diri Anda. Intinya, Anda bisa menggunakan kepercayaan diri orang lain sebagai salah satu cara untuk mendongkrak kepercayaan diri Anda.  Anda bisa belajar bahwa Anda cukup percaya diri berbicara dengan orang tua atau keluarga. Begitu juga dengan bos atau orang lain yang belum Anda kenal, Anda mesti bisa menempatkan mereka sebagaimana sedang berbicara dengan keluarga. Pikirkan bahwa mereka memiliki kedudukan yang sama seperti anggota keluarga Anda. Tetap percaya diri dan tiru kesuksesan mereka.
  3. Kenali nilai tambah yang Anda miliki. Setiap orang pasti memiliki kelebihan yang khas dan berbeda dari orang lain. Ini yang perlu Anda tampilkan sebagai salah satu cara untuk menunjukkan prestasi Anda. Kemampuan yang Anda miliki akan membuat orang lain lebih menghormati dan mendengarkan Anda. Jika Anda mesti menunjukkan kemampuan Anda di depan umum, itulah kesempatan Anda untuk tampil lebih percaya diri. Jangan takut bila diminta berbicara saat rapat atau diskusi lainnya. Sebab, pendapat Anda mungkin menjadi bagian yang sangat dinantikan kala itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda