Scroll to Top

Smartphone Berpotensi Buat Pengguna Derita Rabun Penglihatan

By Ibnu Azis / Published on Monday, 19 Aug 2013

Screen Sightedness

Menatap layar smartphone secara terus menerus dalam jarak dekat bisa menyebabkan gejala yang disebut Screen Sightedness. Sebuah penyakit kesehatan mata ini berpotensi timbulkan rabun penglihatan pada pengguna.

David Allamby dari Focus Clinics Inggris, seperti diungkap Daily Mail berujar jika pada tahun 2033 nanti sekitar 40 hingga 50 persen pengguna ponsel cerdas berpotensi masalah penglihatan di atas. Prediksi ini berdasar tingkat pertumbuhan smartphone berlayar sentuh yang kian menggurita di masa depan.

Kebiasaan pengguna sendiri di ekosistem smartphone tak hanya sekadar memegang namun menatap (layar) dalam jarak dekat. Mereka kerap dekatkan ponsel pintar ini ke wajah (mata) dan sangat berbeda dibanding aktivitas membaca tulisan atau teks pada buku atau surat kabar.

Rabun (miopia) sendiri di ‘masa lalu’ hanya muncul pada orang berusia 21 tahun ke atas. Namun di era sekarang penggunaan smartphone telah mengubah gejala ini. Hal itu bisa dimungkinkan sebab adopsi smartphone sendiri sudah dilakukan sejak dini.

Ponsel pintar – termasuk tablet – tak hanya dipegang oleh orang dewasa saja. Remaja bahkan anak-anak kini juga bergelut dengan gadget canggih tersebut. David sendiri menganjurkan agar pengguna lakukan pembatasan penggunaan.

Kebiasaaan menatap layar (smartphone), terangnya, harus dilakukan dengan batasan tertentu. Selain itu pengguna juga disarankan membuka ponsel canggih itu di luar ruangan agar pancaran sinar layar bisa dikurangi oleh sinar matahari. Para orangtua pun juga wajib bijak untuk membatasi anak-anaknya agar miliki batas dalam penggunaan smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda