Scroll to Top

Topi Anti Nyontek, Wajib Dikenakan Mahasiswa Thailand Saat Ujian

By Ibnu Azis / Published on Monday, 19 Aug 2013

Topi Anti Nyontek

Mungkin metode pendidikan Universitas Kasetsart di Thailand ini wajib dicoba. Guna mencegah kecurangan mahasiswa saat ujian, mereka wajib kenakan topi anti nyontek. Seperti apa penampakan topi tersebut?

Dalam sebuah foto yang diunggah Facebook Universitas Kasetsart, nampak para mahasiswa kenakan semacam pengikat kepala berwarna putih dengan satu lembar dua kertas HVS (putih, A4) di sebelah kanan dan kiri.

Dua kertas itu berfungsi untuk menutupi sudut penglihatan mahasiswa di sebelah kanan dan kirinya. Sehingga, mereka bisa fokus ke arah depan alias hanya konsentrasi mengerjakan soal ujiannya. Mungkin mirip dengan kacamata kuda.

Dikuti dari Metro.co.uk, metode yang dilakukan Universitas Kasetsart menuai kecaman publik. Sebab, ‘topi’ kontroversial ini dianggap tak sopan dan memerlakukan pemakainya. Pihak universitas sendiri menklaim jika penggunaan topi tersebut telah lalui persetujuan.

Nattadon Rungruangkitkrai, salah satu orang dosen mengatakan jika tak ada yang salah dengan topi nyleneh itu. Mahasiswa tak ada yang dipaksa dan telah ada persetujuan sebelumnya. Bahkan mahasiswa mengaku santai dan nyaman saat mengenakannya.

Ia sendiri berkilah jika topi anti nyontek bukan berarti ditujukan untuk mahasiswa yang sering ngintip kala ujian berlangsung. Topi itu justru dikenakan agar mereka lebih fokus dan konsentrasi kala mengerjakan ujian.

Sementara itu pihak pusat universitas sendiri tak ada rencana untuk lanjutkan metode tak biasa ini. Apa yang diributkan publik sudah cukup dan ujian tersebut adalah pertama dan terakhir gunakan topi unik itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda