Scroll to Top

Khalil Shreateh: Lapor Bug Tak Digubris, Hacker Ini Retas FB Mark Zuckerberg

By Ibnu Azis / Published on Monday, 19 Aug 2013

FB

Khalil Shreateh bukanlah ‘orang jahat’. Ia juga bukan orang iseng. Peretas asal Palestina ini termasuk hacker putih. Beberapa waktu lalu, ia berhasil temukan bug di Facebook dan langsung laporkan ke jejaring sosial populer tersebut. Tak digubris, ia pun nekat meretas FB sang bos, Mark Zuckerberg.

Mulanya, Khalil Shreateh temukan celah yang memungkinkan pengguna menulis dan mengunggah foto serta dokumen di laman FB seseorang. Dirasa temuannya sangat penting, ia langsung memeringatkan tim keamanan Facebook.

Namun apa lacur, pihak Facebook hanya sekadar berterimakasih dan malah berpendapat jika bug Khalil Shreateh adalah persoalan sepele. Celakanya lagi, Facebook tak berikan apresiasi dengan ganjaran hadiah.

Facebook sejatinya miliki sebuah program dan kebijakan bagi siapa saja yang mampu menembus sistem keamanan mereka. Untuk kasus Khalil Shreateh sendiri, menurut Techcrunch, pria Palestina itu seharusnya menerima hadiah sebesar USD 500.

Sarjana lulusan Sistem Informasi ini mulanya praktikkan temuannya pada akun pengguna lain. Setelah berhasil ia lalu laporkan ke pihak Facebook namun diacuhkan. Kemudian, pasca pembobolan akun Mark Zuckerberg, tim keamanan FB langsung menghubunginya.

Yang menarik kemudian adalah pengakuan dari pihak Facebook sendiri. Salah satu tim kemanan mereka, Matt Jones berujar jika Khalil Shreateh telah lakukan pelanggaran aturan. Karena aksinya di akun Mark Zuckerberg itu ia tak dapatkan imbalan USD 500 atau sekitar Rp 5 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda